Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, mencatat persepsi konsumen terhadap perekonomian Provinsi Jambi pada triwulan III-2019 diperkirakan menurun dibandingkan dengan triwulan II-2019 dengan nilai ITK sebesar 99,23 poin.

Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Haridiawan, di Jambi Kamis, mengatakan sedangkan untuk Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Provinsi Jambi pada triwulan II-2019 sebesar 124,56 point artinya persepsi konsumen terhadap perekonomian triwulan II-2019 relatif baik dan lebih optimis dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Kondisi ini terutama disebabkan oleh peningkatan pendapatan masyarakat dengan nilai indeks sebesar 129,83 dan pengaruh peningkatan konsumsi seiring membaiknya perekonomian menyumbang nilai indeks sebesar 128,74 sementara pengaruh inflasi menyumbang dengan indeks 111,34.

Gambaran persepsi masyarakat pada triwulan II-2019 dapat dilihat pada kenaikan konsumsi masyarakat menjelang Ramadan dan hari raya Idulfitri, dengan adanya peningkatan pendapatan pada pegawai swasta berupa pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan pemberian gaji ke-14  kepada pegawai negeri, termasuk juga penyerapan anggaran belanja pegawai juga meningkat pada triwulan II-2019.

"Selanjutnya, bertambahnya konsumsi masyarakat juga dipengaruhi oleh perbaikan harga karet dan CPO," kata Dadang Haridawan.

Pada triwulan II-2019 peningkatan konsumsi rumah tangga terjadi pada komoditi makanan dan  sebagian komoditi  non makanan. Peningkatan  konsumsi  komoditi  makanan  terjadi  pada kelompok 'bahan makanan' dan kelompok 'makanan dan minuman jadi' dengan nilai indeks masing-masing sebesar 153,12 dan 142,75.

Nilai indeks semua kelompok komoditi nonmakanan pada  triwulan  II-2019 lebih dari 100 yang apabila  disusun  dari nilai  indeks yang paling  besar yakni tertinggi dari kelompok pakaian dengan indeks 149,49 kemudian transportasi menempati urutan kedua  dengan  indeks  128,61.

"Hal  ini  karena  kebutuhan  masyarakat  terhadap  sandang  pada triwulan ini mulai meningkat seiring datangnya hari raya Idulfitri yang menjadi momen penting untuk menjalin silaturahmi. Kelompok rekreasi pada posisi ketiga dimungkinkan karena mulai memasuki libur anak sekolah, kelompok 'komunikasi' dan kelompok 'pendidikan' pada urutan selanjutnya  dengan  nilai  indeks  120,15  dan  115,49,  dan  kelompok  akomodasi berada  pada urutan terakhir dengan indeks 110,62," kata Kepala BPS Jambi, Dadang Hardiawan.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019