Rombongan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 dari Nusa Tenggara Timur (NTT) secara khusus dijamu oleh Pemerintah Provinsi Jambi pada hari kedua kehadiran mereka di provinsi itu.

Para pelajar yang terdiri dari 25 orang, dua guru pendamping dan satu PIC BUMN dari PT Garam tersebut diterima dijamu dengan makanan khas Jambi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H M Dianto di rumah dinas Gubernur Jambi, Jumat (16/8)

Hadir pula pada kesempatan itu, Asisten Deputi Usaha Industri Agro dan Farmasi Agus Suharyono, Dirut PT Semen Baturaja Jobi Triananda Hasjim , Direktur Utama PTPN6 Berlino Mahendra Santosa, dan  Dirut PT Jiwasraya Danang Suryono.

Dalam sambutannya Sekda Jambi  mengemukakan bahwa program tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan pembauran sosial antar daerah di Indonesia, yang selanjutnya diharapkan berdampak pada peningkatan cinta tanah air dan nasionalisme di kalangan siswa siswi peserta, serta dapat ditularkan pada siswa siswi lainnya.

Pembauran sosial tersebut dapat menjadi penguat perekat sosial dan kerukunan antar daerah, yang sangat positif dalam pembangunan bangsa dan negara, termasuk di dalamnya pembangunan daerah.

Tahun 2019, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk ditunjuk sebagai PIC BUMN Hadir Untuk Negeri  bersama dengan Asuransi Jiwasraya dan PTPN VI sebagai Co PIC.

Sekda Provinsi Jambi memaparkan keindahan dan potensi alam yang dimiliki Provinsi Jambi kepada 25 orang siswa siswi SMN asal NTT tersebut.

Sekda juga mengharapkan para siswa siswa dari Provinsi Jambi yang dikirim ke NTT dapat menimba pengalaman yang sama. Provinsi Jambi dan Provinsi NTT ini secara iklim saja itu sudah beda sama kita di Sumatera, di NTT mereka curah hujan yang tidak begitu tinggi mungkin alamnya lebih keras dibandingkan dengan alam yang ada di Provinsi Jambi.

Sementara itu Direktur Utama PT Semen Baturaja, Jobi Triananda Hasjim menyebutkan, selama berada di Provinsi Jambi, para peserta SMN dari NTT akan melakukan berbagai aktivitas mulai dari pembekalan wawasan kebangsaan, kunjungan ke obyek wisata dan warisan budaya, jalan santai, upacara HUT ke-74 RI, jalan sehat serta melakukan kunjungan ke Kabupaten Kerinci.

Menurut dia program ini sudah dilakukan oleh BUMN selama 5 tahun dan sangat bermanfaat memperkaya khasanah berpikir siswa siswi, bahwa mereka adalah kebanggaan Indonesia dan mereka harus bangga dengan Indonesia.

 

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019