Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menuju daerah asal setelah sebelumnya mengikuti berbagai kegiatan pertukaran pelajar di Provinsi Jambi yang diinisiasi Kementerian BUMN.

Peserta SMN NTT dilepas langsung PIC PT Semen Baturaja (SMBR), Afrizal di Bandara Sultan Thaha Jambi, Jumat.

Sebanyak 25 orang terdiri dari siswa SMA/SMK ditambah tiga siswa SLB itu berada di Jambi selama sembilan hari. Berbagai kegiatan mengenal nusantara diikuti semua peserta. Kunjungan mereka merupakan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019.

Tahun 2019, dalam program BHUN salah satunya SMN, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk ditunjuk sebagai Personal In Charge (PIC) bersama dengan Asuransi Jiwasraya dan PTPN VI sebagai CO PIC.

Dimana pada SMN 2019 ini, sebanyak 20 orang siswa SM/SMK ditambah tiga siswa difabel (SLB) asal Provinsi Jambi dikirim ke Provinsi NTT dan sebaliknya 22 siswa SMA/SMK dan tiga siswa difabel NTT dikirim ke Jambi difasilitasi BUMN pelaksana dari NTT yakni PT Pelindo III dan PT Garam.

Selama di Jambi, peserta SMN NTT banyak mengunjungi berbagai tempat. Diantaranya mengunjungi SMK unggulan, sentara batik Jambi, objek wisata Candi Muarojambi, perkebunan dan pabrik teh Kayu Aro Kerinci, pabrik Gua tebu, pabrik Kopi Arabika Kerinci dan objek-objek wisata Kerinci yang merupakan branding pariwisata Jambi.

Salah satu peserta SMN NTT yang juga ketua rombongan, Anwar, merasa bersyukur bisa berkunjung ke Jambi melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri.

"Kami sangat berterima kasih pada semua. Dimana kami salah satunya bisa melihat langsung perkebunan Teh Kayu Aro yang dikelola PTPN yang merupakan perkebunan teh tertinggi kedua di dunia. Selanjutnya kami bisa promosikan ke daerah kami, kami juga menjadi tahu dan kami sebagai anak bangsa bisa melestarikan warisan nenek moyang kita dulu," kata Anwar.
Peserta SMN NTT dilepas langsung PIC PT Semen Baturaja (SMBR), Afrizal di Bandara Sultan Thaha Jambi, Jumat. (Foto/Dodi Saputra)


CO PIC program SMN dari NTT, Benni Wahyu P selaku pendamping peserta dari PT Garam, mengatakan, dari kunjungan siswa ke beberapa lokasi di Jambi termasuk di Kerinci, diwajibkan bagi mereka mempresentasikan hasil kunjungan mereka di hadapan pendamping. Kemudian mereka akan membuat diary tentang perjalanan dan pengalaman mereka selama di Jambi.

Sementara itu, PIC PT Semen Baturaja, Afrizal rangkaian berbagai kunjungan peserta SMN NTT selama di Jambi guna menambah wawasan peserta SMN, baik wawasan terkait adat istiadat, budaya, wisata dan pengetahuan umum lainnya.

"Kita berharap peserta SMN NTT merasa nyaman selama berada di Jambi dan banyak mengetahui adat budaya dan keberagaman yang ada di Jambi serta pengetahuan lainnya," kata Afrizal.
 
Setelah SMN NTT pulang ke daerah asal, PIC SMN Jambi 2019 juga akan menyambut kepulangan peserta SMN Jambi dari NTT. Dijadwalkan peserta SMN Jambi tiba di Bandara Jambi, Jumat sore.***
Peserta SMN NTT dilepas langsung PIC PT Semen Baturaja (SMBR), Afrizal di Bandara Sultan Thaha Jambi, Jumat. (Foto/Dodi Saputra)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019