Tim 11 Sub Satgas IV Kekabaran Hutan dan Lahan (Karhutla)  Kodim 0420/Sarko bersama Tim Terpadu membuat membuat embung estafet di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun untuk mengantisipasi dan siap siaga terhadap karhutla di kawasan tersebut.

Ketua Tim 11, Serda Husni Tamrin, Selasa, membenarkan bahwa untuk kesiapan dini menghadapi karhutla di Desa Bukit Suban, Tim Terpadu terdiri dari TNI, TNBD, Manggala Agni, Warga SAD, Banser dan masyarakat membuat terobosan baru yaitu membuat embung dari bahan terpal untuk menampung air.

"Pengalaman yang sudah saat kita lakukan pemadaman lahan atau hutan yang terbakar terkendala sulitnya mencari sumber air, maka kita buat embung estafet dengan menggunakan tiga mesin pompa untuk pemadaman nanti bila terjadi karhutla sehingga cepat dipadamkan sebelum meluas," kata Tamrin.

Terpisah, Dandim 0420/Sarko Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto mengapresiasi timnya yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengantisipasi dan cegah dini karhutla dengan membuat embung -embung estavet. "Mantap inovasi pantang menyerah," kata Dandim.***

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019