Gubernur Jambi Fachrori Umar, Kamis, menyampaikan duka yang mendalam atas gugurnya seorang anggota TNI Angkatan Darat asal Provinsi Jambi saat menjalankan tugas pengamanan di Papua.

Anggota TNI yang gugur saat mengamankan aksi demonstrasi di halaman Kantor Bupati Deiyai Papua asal Jambi tersebut yakni Serda Ricson Edi Candra warga Jalan Nuri 1 RT 25 Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Serda Ricson gugur karena terkena panah saat mengamankan unjuk rasa.

Fachrori mengajak masyarakat untuk ikut mendoakan semoga pengorbanan Serda Ricson selama masa hidupnya menjadi amal jariyah dan agar almarhum diterima di sisi-Nya.

Fachrori mengatakan Serda Ricson merupakan pahlawan karena telah gugur saat bertugas menjaga perbatasan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebagai Gubernur Jambi, Fachrori turut berbelasungkawa dan mengucapkan terima kasih karena telah menjaga dan mengorbankan nyawa untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Serda Ricson meninggalkan satu istri dan dua anak. Direncanakan jenazah Serda Ricson akan dikebumikan di Palembang, Sumatera Selatan.

Sebelumnya Ayah Serda Ricson Edi Candra, Suardi di Jambi, mengakui anggota TNI yang meninggal saat tugas di Papua karena dipanah merupakan warga asal Jambi dan sebelum meninggal dua hari yang lalu sempat memberi kabar ke orang tuanya yang ada di Jambi.

"Dua hari yang lalu sebelum kejadian sempat menelepon dan mengirim pesan singkat (SMS) menanyakan kabar kedua orang tuanya di Jambi, namun kemarin pihak keluarga dikejutkan dengan menerima kabar anaknya meninggal dunia saat menjalankan tugasnya di Papua," kata Suardi dan Armaneli selaku ibunya saat ditemui di rumahnya di Jalan Nuri 1, RT 25, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Suardi menegaskan Serda Ricson Edi Candra bertugas di Satuan Yonif Kafaleri/Serbu, Kodam II Sriwijaya. Dia dan istri beserta anak tinggal di Sumatera Selatan.

Pihak keluarga menerima kabar bahwa anaknya menjadi korban akibat panah dan pembacokan saat terjadi kerusuhan di Papua. Serda Ricson Edi Candra meninggalkan dua orang anak dan satu istri, anak pertama bernama Kurniawan kelas 2 SMP dan Syakira Nabila Kirana kelas 3 SD dan Istri bernama Endang Susilawati.

Serda Ricson merupakan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Suardi dan Armaneli. Ricson menjadi anggota TNI sejak tahun 2000 dan langsung berdinas di Sumatera Selatan. Ricson bertugas di Papua sejak 3 Juli 2019 dalam menjalani tugas Satgas Operasi Papua -Papua Nugini.

"Kami keluarga di Jambi mendapat kabar, pada Rabu (28/8) sekitar pukul 16.00 WIB. Kemudian langsung di bawa ke Prabumulih Sumatera Selatan," kata Suardi.

Dalam kerusuhan di Papua itu diketahui beberapa orang anggota TNI mengalami luka cukup serius yakni anggota TNI Serda Ricson meninggal dunia dengan luka bagian kepala terkena senjata tajam sejenis parang dan luka panah pada bagian kepala.

Sementara itu Sertu Sunendra rekannya mengalami luka akibat terkena panah pada bagian pantat dan punggung sebelah kanan dan Serka Arif Y mengalami luka akibat senjata tajam sejenis parang di bagian kepala dan pelipis.***

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019