Satgas Pengamanan perbatasan (Pamtas) Yonif Raider 142/KJ, Kipur 3 Pos Dafala yg dipimpin oleh Komandan Patroli Serda Komang Anom Tirta beserta enam anggotanya melaksanakan patroli patok di Desa Dafala Kecamatan Tasefeto Timur, NTT yang berbatas dengan Timor Leste.

Rilis yang diterima Antara Kamis, melalui Dansatgas Pamtas RI-Timor Leste, Mayor Inf Ikhsanuddin yang juga Danyon Raider 142/KJ, mengatakan pengecekan tapal batas negara itu dilakukan pada Rabu (9/9) sekitar pukul 08.30 WITA.

Pengecekan tapal batas negara itu dipimpin oleh Sersan dua (Serda) Komang Anom Tirta sebagai komandan patroli.

Komang Anom menyampaikan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas pengamanan perbatasan harus dijalani dengan tulus dan iklas serta menjadikan suatu kehormatan dalam melaksanakan tugas.

Dalam kesempatan pertama melaksanakan patroli patok, berhasil menemukan dua Border Sign Point (BSP): No 36 Co. 717953 - 8983543 dengan jarak 2,7 km dan waktu tempuh dua jam serta perjalanan ke BSP No 37 Co. 717695 - 8983494 jarak 1,8 km dengan waktu tempuh 1,5 jam.

"Keadaan kedua BSP tersebut masih dalam keadaan baik dan utuh," kata Komang Anom.

Untuk mencapai lokasi patok tersebut tidaklah mudah tim patroli harus berjalan melewati lembah lembah dan bukit yang terjal serta rapatnya tumbuhan berduri kering.

Serda Komang sebagai komandam patroli juga menyampaikan tidak sejengkal tanah NKRI pun akan kami berikan kepada negara lain, kami akan mempertahankan bumi pertiwi ini.

Patroli Patok yang dilakukan setiap Minggu merupakan suatu tugas pokok yang harus dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ dalam menjalankan tugas sebagai Satgas Pamta sektor timur RI-RDTL yg berada dibawah Komando Kolakopsrem 161/WS Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu anggota Satgas Pamtas sektor timur Yonif Raider 142/KJ, Kompi Tempur II Pos Delomil mulai menyentuh bidang pendidikan, kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WITA dilakukan oleh Prada Rio Fariadi beserta satu orang anggota lainnya dengan membantu mengajar di sekolah dasar setempat.

Siswa kelas 1, 2 dan 3 SDN Sinar Atubesi Dusun Delomil, Desa Lamaksenunu, Kecamatan Lamaknen, NTT yang berjumlah 17 orang, diajar oleh dua prajurit TNI dengan materi yang diajarkan antara lain matematika atau berhitung dan membaca.

Arlin (33) yang merupakan guru ditempat tersebut mengungkapkan apresiasi serta rasa terima kasih telah membantu tugas kami, dan kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus berjalan.

Terlihat rasa senang dan antusias para siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh anggota Satgas Pamtas tersebut. Ini merupakan salah satu cara untuk ikut serta dalam membangun generasi muda yang berada didaerah timur perbatasan NKRI.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019