SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan sebuah mobil perpustakaan keliling yang berteknologi internet dan berkemampuan menembus medan sulit di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Jambi.

Penyerahan kendaraan perpustakaan keliling dilakukan oleh Vice President HR & Relations PetroChina Indonesia Maryke PY Pulunggono kepada Bupati Tanjabbar H Safrial Ms di balai pertemuan bupati di Aula Pemkab Tanjabbar di Kualatungkal, Selasa.

"Mobil kali ini lebih spesial karena kita fokus agar mobil bisa menjangkau daerah daerah yang aksesnya sulit dilewati," kata Maryke PY Pulungggono.

Selain penyerahan bantuan program tanggung jawab sosial, dalam kegiatan itu juga digelar roadshow mendongeng dimana pihak petroChina bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanjabbar.

Mobil perpustakaan tersebut menambah armada mobil perpustakaan berteknologi tinggi di Perpustakaan Kabupaten Tanjabbar. Sebelumnya telah ada satu unit mobil perpustakaan sejenis, namun untuk medan di wilayah kota.

"Hal ini merupakan upaya kita bersama untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak khususnya di Tanjabbar ini," kata Maryke.

Ia memaparkan bantuan yang diserahkan PetroChina kali ini, selain mobil perpustakaan juga bantuan berupa alat pengering dan pengolahan kopi yang diserahkan kepada kelompok tani kopi di sana.

"Total nilai bantuan Rp729 juta," katanya.

Bupati Tanjabbar, Safrial menyampaikan apresiasi kepada Petrochina International Jabung Ltd melalui program tanggungjawab Sosial perusahaan, yang selama ini telah banyak mendukung.

"Bantuan mobil perpustakaan keliling ini semoga dapat menyemarakkan dunia literasi khususnya Tanjabbar, diharapkan mobil tersebut tidak hanya menyediakan buku- buku bacaan bagi masyarakat juga sebagai pusat informasi Yang bersinergi dengan seluruh stakeholder yang menyajikan informasi berupa konten-konten Yang ditampilkan di perpustakaan keliling," kata bupati.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjabbar, Zulfikri menyampaikan bahwa pelaksanaan roadshow mendongeng ini merupakan salah satu program kegiatan gemar membaca melalui optimalisasi perpustakaan sebagai dukungan dalam mewujudkan Kabupaten Tanjabbar layak anak.

"Roadshow ini merupakan salah satu hal yang positif untuk anak, karena ini menunjang masa depan anak ke depan," katanya

Ia menjelaskan bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan literasi masyarakat khususnya anak anak demi generasi bangsa yang gemilang.

"Roadshow mendongeng ini merupakan salah satu kegiatan dari program gemar membaca melalui mendongeng dan optimalisasi perpustakaan sebagai dukungan mewujudkan Kabupaten Tanjabbar layak anak," katanya.

Kegiatan itu juga dihadiri Ketua DPRD Tanjabarat Mulyani Siregar, Forkompimda, Perwakilan Petrochina, Sekda Tanjabarat, para kepala OPD, mahasiswa serta kelompok petani kopi.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019