Pemerintah Kota Jambi menyalurkan 500 ribu liter air bersih ke masyarakat di Ibu kota Jambi itu guna mengatasi kekeringan.

"Penyaluran air bersih ini bekerja sama dengan PDAM Tirta Mayang yang diberikan kepada masyarakat non pelanggan PDAM yang alami kekeringan akibat musim kemarau," kata Abu Bakar Humas Pemkot Jambi, Kamis.

Penyaluran air bersih tersebut akan dilakukan pemerintah kota itu selama sepuluh hari berturut-turut. Hingga hari ini, Kamis (26/9) sudah tiga hari pemerintah kota itu menyalurkan air bersih kepada masyarakat. Dari 500 ribu liter penyaluran yang ditargetkan, sudah disalurkan 55 ribu liter atau sekitar 11 persen dari target penyaluran.

Ada 5 Kecamatan di kota itu yang memang betul-betul mengalami dampak kekeringan. Yaitu Kecamatan Kota Baru, Kecamatan Palmerah, Kecamatan Alam Barajo, Kecamatan Jambi Selatan dan Kecamatan Jambi Timur.

Untuk menunjang efektivitas distribusi air oleh PDAM Tirta Mayang keseluruh wilayah kota itu, saat ini armada mobil tangki air, diperkuat dengan penambahan mobil Damkar dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup kota itu. Pendistribusian bantuan air bersih dimulai dari pukul 09.00 WIB pahingga pukul 17.00 WIB setiap hari

"Apabila dibutuhkan lagi air bersih tersebut, akan di tambah kembali, terkait mekanisme penambahan nantinya akan di rapatkan oleh tim terpadu penganan dampak kekeringan dengan para camat," kata Abu Bakar.

Sementara itu, untuk enam kecamatan lainnya, jika terdapat warga yang turut alami kekeringan agar dapat melapor kepada pemerintah kota itu agar dapat di tindak lanjuti.

"Titik penyaluran akan dikoordinir oleh RT, Lurah dan Camat," kata Abu Bakar.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019