Hari Kopi Internasional dibuka Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, Selasa (2/10) malam di gedung Ratu Convention Center (RCC) Jambi, setelah siangnya Jambi memecahkan rekor muri Indonesia dengan seduh kopi terbanyak dari tiga jenis kopi. Kegiatan Hari Kopi Internasional itu berlangsung 1-4 Oktober.

Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Pendalaman, Penguatan dan Penyebaran Industri, Dody Widodo mengatakan Indonesia adalah penggiat kopi terbaik di dunia dan berharap ke depan Indonesia menjadi pemasok utama kopi dunia

"Indonesia dikenal penggiat terbaik dunia dan juga terkenal sebagai negara yang membudidayakan kopi jenis Arabika, Robusta serta Liberika. Jambi sendiri sebagai tuan rumah peringatan hari kopi internasional mempunyai keunikan karena memiliki tiga varian kopi tersebut," katanya.

Ia menyampaikan bahwa putra Indonesia untuk pertama kalinya menjadi Ketua Dewan Kopi Internasional.

"Tanggal 25 September lalu putra Indonesia menjadi Ketua Dewan Kopi Internasional dan ini adalah yang pertama kalinya, sehingga itu akan membuka akses pemasaran kopi Indonesia ke dunia dan ketuanya adalah Imam Pambagio yang juga Dirjen Kerja Sama Perdagangan Internasional," katanya.

Ia juga menjelaskan Hari Kopi Internasional dirayakan setiap tahun di dalam negeri dengan tujuan untuk merayakan budaya serta gaya hidup minum kopi yang sudah mengakar di masyarakat.

"Dengan perayaan ini dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh pelaku kopi di Indonesia," katanya.

Dia berharap perayaan Hari Kopi Internasional dapat berlangsung baik, sukses dan memberikan dampak positif dalam perkembangan kopi di Jambi dan Indonesia.

Seperti diketahui, peringatan Hari Kopi Internasional disepakati dalam sidang Internasional Kopi Organisasi (ICO) tahun 2014, dimana menyepakati Hari Kopi Internasional pada tanggal 1 Oktober sebagai hari perayaan bagi pencinta kopi di seluruh dunia.***

Pewarta: Uli B Simbolon

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019