Tim pembinaan Kabupaten Kota Sehat (KKS) pusat melakukan penilaian kota sehat di Kota Jambi, salah satunya memverifikasi  sejumlah kegiatan masyarakat yang belum terdokumentasikan secara baik.

"Secara dokumentasi penilaian Kota Jambi tidak mencapai 60 persen, dan kita akan buktikan hari ini dengan turun langsung kelapangan, mudah-mudahan nilainya bisa diatas 60 persen," kata Kepala Seksi Tim Penjagaan Pengawasan Kawasan KKS Nugroho di Jambi, Kamis. 
 
Dijelaskan Nugroho, ada beberapa hal yang akan dilakukan Tim KKS di kota itu, salah satunya memverifikasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh masyarakat yang tidak terdokumentasi dengan baik. 

Sementara itu, penilaian KKS tersebut bukan semata-mata bertujuan untuk memberikan nilai, akan tetapi memastikan kegiatan KKS yang telah dilaksanakan menciptakan kondisi kabupaten/kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan bekerja bagi masyarakat. Hal itu dapat tercapai dengan terlaksananya berbagai program kesehatan dan sektor lainnya, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat. 

Wakil Wali Kota Jambi Maulana sangat mengapresiasi kedatangan tim KKS tersebut, pemerintah kota itu akan menunjukkan tim KKS ke lokasi-lokasi yang telah memenuhi delapan indikator delapan tatanan yang ada. 

"Mudah-mudahan kunjungan tim KKS ini dapat menambah data dan informasi kondisi tatanan kesehatan Kota Jambi di tingkat pusat," kata Wakil Wali Kota Jambi Maulana. 

Pemerintah kota itu, berharap kunjungan KKS di kota itu selain memberikan penilaian terhadap kondisi kesehatan kota, juga dapat memberikan pembinaan kepada anggota forum masyarakat sehingga dapat memahami apa saja yang harus di dokumentasikan. 

Pewarta: Muhammad Hanapi/Fina Indiyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019