Atraksi  pembebasan sandera mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI)  di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu. 

Atraksi  pembebasan sandera yang dipraktikkan oleh prajurit TNI di Jambi disambut kagum oleh para peserta upacara yang hadir pada kegiatan itu serta masyarakat sekitar yang menonton kegiatan itu.  

Penampilan aktraksi yang ditampilkan TNI tersebut semakin meyakinkan masyarakat bahwa TNI semakin mantap dan profesional dalam menjaga NKRI.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Korem 042/Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudi, selaku inspektur upacara menyampaikan rasa bangga terhadap seluruh prajurit dan PNS TNI.

"Saya bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya, dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara. Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI-nya. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi. Oleh karena itulah, tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 ini adalah “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat," kata Panglima.

Pada kesempatan ini pula, selaku Panglima TNI dan atas nama seluruh prajurit, PNS TNI beserta keluarga besar TNI, saya ucapkan rasa hormat dan bela sungkawa yang mendalam atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara.

"Kami yang ditinggalkan akan melanjutkan tugas yang diamanahkan dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran," ujar Panglima.

Sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang.

Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Seusai upacara, jajaran Korem 042/Gapu Jambi menggelar karnaval keliling Kota Jambi menggunakan kendaraan tempur. Masyarakat diperkenankan untuk menaikinya bersama.

Korem 042/Gapu, sebelum hari puncak juga melaksanakan berbagai kegiatan seperti pameran alutsista, pasar rakyat, berbagai kontes otomotif di lapangan Makorem, kawasan Telanaipura kota Jambi.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019