Pemerintah Kota Jambi akomodir pedagang kaki lima di kota itu berjualan dengan menyediakan tempat-tempat berkumpul bagi masyarakat.

“Pemerintah kota Jambi telah memperhatikan pedagang kaki lima, khususnya pedagang dengan KTP kota Jambi agar dapat tempat berjualan di tempat yang telah disediakan agar dapat terakomodir dengan baik,” kata Wali Kota Jambi, Syarif Fasha di Jambi, Minggu.

Pemerintah kota itu menyediakan lokasi berjualan bagi pedagang kaki lima di kota itu dengan menyediakan tempat-tempat yang menjadi lokasi berkumpul masyarakat, seperti pedestrian tugu keris Siginjai.

Ditambah lagi, kawasan tersebut setiap Sabtu malam diselenggarakan car free night untuk memikat pengunjung dan masyarakat kota itu berkunjung.
 

Tidak hanya kawasan Tugu Keris Siginjai, beberapa kawasan lainnya juga telah disediakan pemerintah kota itu, seperti kawasan pedagang kaki lima di sebelah Gedung Olahraga (GOR) Kota Baru, di kawasan sanggar batik Jambi seberang, dan beberapa kawasan lainnya di kota itu.

“Dengan dibangunnya kawasan-kawasan pedestrian tersebut, kami buatkan kelompok dan komunitas pedagang kaki lima agar lebih tertata dan terakomodir,” kata Syarif Fasha.

Meski pemerintah kota itu telah menyediakan tempat untuk berjualan, namun tidak semua pedagang kaki lima dapat berjualan di kawasan tersebut. Pemerintah kota itu memprioritaskan pedagang kaki lima dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berdomisili di kota itu.

 Fasha menjelaskan, kawasan pedestrian yang diangun tersebut menggunakan APBD Kota Jambi. Sehingga wajar jika pemerintah kota itu lebih memprioritaskan PKL yang memiliki KTP kota itu.

“Alangkah tidak baiknya kalau dana APBD Kota Jambi kita gunakan untuk pedagang yang dari luar kota Jambi," kata Syarif Fasha.

Sementara itu, berkat perhatian yang begitu besar dari pemerintah kota itu terhadap pedagang kaki lima, Syarif Fasha Wali Kota itu mendapatkan penghargaan Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) award Kota Jambi tahun 2019, dari APKLI Kota Jambi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019