Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menginstruksikan agar para pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) pria di lingkungan Pemerintah Purwakarta memakai sarung dan peci atau pakaian ala santri pada Hari Santri Nasional Selasa (22/10).

"Para pejabat serta pegawai diwajibkan mengenakan pakaian muslim. Untuk pejabat laki-laki, memakai baju koko komplit dengan sarung dan peci. Untuk pejabat perempuan, menyesuaikan atau menggunakan gamis," katanya, di Purwakarta, Senin.

Ia mengatakan, imbauan tersebut sudah disampaikan kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta, baik pegawai di lingkungan OPD maupun seluruh guru, termasuk pelajar.

Menurut dia, biasanya seragam yang digunakan ASN setiap Selasa itu pakaian dinas harian (PDH) berwarna, tetapi pada Hari Santri Nasional Selasa esok, pejabat tidak menggunakannya. Tapi mengenakan pakaian ala santri.

"Untuk warnanya, bebas. Tidak ada warna khusus," kata dia.

Sementara itu, dalam rangkaian Hari Santri Nasional tahun ini, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Kementrian Agama Purwakarta akan menggelar dzikir, shalawat dan ceramah kebangsaan bersama Kiyai Ayip Abas dari Buntet, Cirebon.

Selain itu, akan dimeriahkan juga dengan berbagai kegiatan perlombaan, di antaranya lomba membaca dan menafsir kitab lomba cipta puisi, fotografi dan videografi.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019