Masih dalam suasana Hari Ulang Tahun (HUT) Tanjung Jabung Timur ke 20 tahun 2019, pemerintah daerah  it gelar lomba  "Bekarang Besamo" yang artinya menangkap ikan bersama, sekaligus kegiatan khas dan rutin digela setiap tahun.

Lomba tangkap ikan tersebut diselenggarakan di Danau Taman Kanak-Kanak, Kelurahan Rano, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, di salah satu sisi kompleks perkantoran daerah itu.

Acara tersebut mendapat sambut yang cukup meriah dari masyarakat sekitar. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya para peserta lomba yang ikut dan ramainya masyarakat yang datang untuk menyaksikan acara tersebut.

Siti Julayha (20 tahun), warga Tanjung Jabung Timur mengatakan lomba tangkap ikan tersebut sangat menghibur dan jarang ada sehingga sayang untuk dilewatkan.

"Tadi kami lihat orang menangkap ikan di dalam danau, seru sih orang lain juga pada ketawa, karena belum pernah ada juga diadain lomba kayak begini," ujarnya.

Proses penangkapan ikan tanpa menggunakan alat bantu apapun alias tangan kosong dan sistem perhitungan pemenang lomba tangkap ikan yakni dengan jumlah ikan yang di dapatkan yang terbanyak yang akan menang.

Sebelumnya debit air di dalam danau telah dikurangi sehingga mempermudah peserta lomba dalam menangkap ikan.

Lomba bekarang besamo digelar selain bertujuan untuk mempertahankan tradisi atau adat istiadat tempo dulu juga bertujuan untuk memperingatkan kepada masyarakat untuk mencari ikan dengan menggunakan alat atau sarana yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam seperti menggunakan bahan peledak, setrum dan zat-zat kimia lainnya.

Pada lomba menangkap ikan tersebut pemenang juara 1 memperoleh ikan dengan total jumlah ikan sebanyak 214 ekor dan mendapat uang tunai senilai Rp. 750.000 rupiah.

Acara di tutup dengan foto bersama para peserta lomba tangkap ikan dan ikan yang didapatkan oleh masing-masing peserta boleh dibawa pulang.

Pewarta: Syarif Abdullah dan Misnawati

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019