Hujan deras disertai angin kencang menumbangkan sejumlah pohon yang memakan jalan hingga menyebabkan jalan Batanghari-Jambi via nes nyaris putus.

“Pohon tumbang ini disebabkan derasnya hujan yang turun disertai dengan angin kencang,” kata Salah Seorang warga Batanghari, Sugeng di Batanghari, Jambi, Rabu.

Sejak Rabu dini hari sekira Pukul 02.00 WIB hujan disertai angin kencang terjadi di wilayah itu. Bahkan hingga siang hujan di daerah itu masih terus terjadi meski intensitas hujan tidak sederas pada malam hari.

Menurut Sugeng, selain disebabkan oleh hujan dan angin yang kencang, pohon tersebut tumbang dikarenakan sebelumnya tanah di sekitar pohon tersebut kering, sehingga saat turun hujan disertai angin akar pohon tersebut terbongkar dari tanah.

Tidak sedikit pohon yang tumbang di jalan Batanghari-Jambi via nes tersebut. Di sepanjang jalan alternatif tersebut terdapat empat pohon yang tumbang hingga memakan sebagian jalan dan nyaris menyebabkan arus lalu lintas terputus.

Meski arus lalu lintas tidak sampai terputus, namun sempat terjadi kemacetan di titik tumbangnya pohon yang memakan sebagian jalan tersebut. Walaupun kemacetan yang terjadi tidak begitu panjang dan memakan waktu yang begitu lama.

Selain itu, pasca turun hujan sejumlah sungai kecil yang nyaris kering di beberapa wilayah di Kabupaten Batanghari kini airnya hampir meluap.

“Kemarin beberapa bagian sungai ini bahkan sudah ada yang kering, saat ini air sungainya hampir meluap karena derasnya hujan yang turun tadi malam,” kata Sugiono Warga Desa Sungai Buluh, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari.

Sugiono yang berprofesi sebagai petani tanaman holtikultura tersebut merasa senang karena saat ini memasuki musim penghujan. Karena sudah hampir tiga bulan ia tidak bercocok tanam akibat kekeringan yang melanda daerah itu pada beberapa waktu yang lalu.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019