Kegiatan saling tukar informasi produk dan layanan bisnis antar perwakilan  BUMN di Provinsi Jambi yang tergabung dalam Forum Sinergi BUMN wilayah itu kian mempererat serta memperkuat sinergitas  perusahaan milik pemerintah tersebut.

"Sinergitas terus meningkat, kegiatan sharing produk dan layanan bisnis terus dilakukan, dan ke depan akan ditindak lanjuti melalui sebuah  nota kesepahaman, untuk kemudian ditindaklanjuti dengan kerja sama antar perwakilan BUMN sesuai dengan kebutuhan mendukung core bisnis masing-masing," kata Ketua Forum Sinergi BUMN Jambi yang juga Kepala Bulog Jambi H Bakhtiar AS di Jambi, Selasa.

Saat ini forum tersebut telah menghimpun sebanyak 27 perwakilan BUMN di Provinsi Jambi, dan jumlah itu akan terus bertambah dengan masuknya sejumlah perwakilan BUMN lainnya dalam forum sinergi tersebut.

Rencananya, pada akhir 2019, forum tersebut akan menuangkan kerja sama itu dalam nota kesepahaman, yang selanjutnya menjadi jembatan untuk mengoptimalkan produk dan layanan masing-masing secara sinergi.

Pasalnya, kata dia kerja sama antar BUMN merupakan manifestasi nyata dari sinergi dan persaudaraan antara BUMN.

Ia mencontohkan, sinergi antara perwakilan BUMN di provinsi itu sudah mulai terjalin satu sama lain.

"Bahkan dengan komunikasi dan mengalirnya informasi dari kegiatan kebersamaan ini, dapat menghadirkan skema yang tepat untuk kerja sama dan sinergi BUMN, semuanya bisa mengalir dan saling mendukung serta menguntungkan.

Seperti yang berlangsung pada pertemuan rutin, Senin (4/11), diisi dengan sharing produk dan layanan dari PT Pos Indonesia (Persero), PT Sucofindo, Pegadaian serta tukar informasi dan komunikasi core bisnis masing-masing.

Pada kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi asuransi pensiun dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang disampaikan oleh Ny Dewirma Suhelmi. Program asuransi itu, kata dia sebagai upaya memberikan jaminan kesejahteraah bagi masa tua para karyawan setelah pensiun, serta persiapan hari tua bagi mereka.

Selain memperkenalkan layanan, insan BUMN Jambi juga berhimpun untuk mengakses masing-masing produk layanan baik untuk korporasi maupun personal.

"Pegadaian memiliki beberapa produk, salah satunya yang kami genjot saat ini adalah menabung emas disamping layanan pegadaian lainnya yang telah ada," kata Pimpinan PT Pegadaian (Persero) wilayah Jambi Hendra Hermawanto.

Ia menyebutkan, pengembangan pasar dan produk sangat potensial dengan memaksimalkan semua jaringan yang ada sehingga bisa lebih layanan itu oleh masyarakat.

Baik Bakhtiar maupun Hendra sepakat, ke depan banyak peluang yang dapat digarap bersama oleh perusahaan-perusahaan itu, termasuk juga skema kerja sama baru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik costumer masing-masing.
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019