Universitas Jambi menggelar penganugerahan "Unja Award 2019" sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada "pahlawan" yang berkontribusi, berprestasi dan berperan besar dalam mendukung kemajuan kampus itu.

"Pada malam Hari Pahlawan ini, Unja Award 2019 kami persembahkan sebagai  penghargaan bagi para 'pahlawan' Unja yang berperan besar dan berkontribusi untuk kampus ini, berkiprah dan berprestasi maksimal baik di tingkat regional, lokal bahkan internasional," kata Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D pada malam penganugerahan Unja Award 2019 di Balairung Kampus Unja di Mendalo Kabupaten Muarojambi, Sabtu malam.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 5.000 hadirin dari civitas akademika Unja serta undangan, dan penerima award tersebut berlangsung dalam suasana penuh antusias dan semangat.

Hadir pula sejumlah rektor dari Badan Kerja Sama (BKS) Rektor Perguruan Tinggi Negeri wilayah barat yang tengah menghadiri rapat tahunan di Jambi yang difasilitasi oleh Unja. Anggota DPRD Komisi X dapil Jambi H Sutan Adil Hendra yang juga Ketua Ikatan Alumni Unja juga menghadiri kegiatan tersebut.

"Dengan bangga tahun ini memperikan apresiasi khusus bagi para Pahlawan Unja, pahlawan masa kini yang ikut memberikan sumbangsihnya bagi masyarakat, berprestasi serta menjadi tauladan," kata Rektor.

Unja Award 2019 diberikan kepada para 'pahlawan' masa kini dari kampus itu antara lain untuk  kategori duta baca, entrepreneur, fakultas greenmetric, life achievement, facility care, mahasiswa berprestasi, video contest, mahasiswa terfavorit, dosen terfavorit hingga fakultas terfavorit.



Beberapa peraih Unja Award antara lain untuk pengabdian sepanjang hayat diberikan kepada Prf Drs H Kemas Muhammad Saleh, Fakultas Hukum sebagai fakultas terfavorit, kategori Unja Entrepreneur Patrie Ramli pendiri Kampoeng Radja , mahasiswa terfavorit Ridho Akbar, mahasiswa bidik misi berprestasi Meidina,

Unja Awarf 2019 kategori alumni yang berperan aktif dalam kemajuan Unja HAR Sutan Adil Hendra, Dosen Terfavorit Dr Herlambang (Dekan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan), Kategori Saint dan Teknologi  Amirul Mukminin S.Pd, M.Sc, Ph.D.

Penghargaaan Unja Award juga diberikan kepada media yang berperan aktif dalam publikasi Unja yakni Antaranews.com, HU Jambi Independent dan Jek TV Jambi.


Penilaian dan pemantauan dilakukan sejak pertengahan September 2019 hingga 21 Oktober, para nominasi mendapat penilaian sesuai dengan kriteria dan kiprah mereka.

"Unja Award 2019 bukan titik akhir atau puncak dari sebuah pencapaian, pahlawan-pahlawan masa kini Unja diharapkan bisa terus berkarya, berkiprah serta berprestasi. Hendaknya menjadi pemacu untuk terus bergerak ke arah yang lebih baik lagi," kata H Johni Najwan.

Sementara itu peraih Unja Award Kategori alumni HAR Sutan Adil Hendra mengaku suprise dengan penghargaan yang diterimanya dan ia melihat performance Unja yang terus meningkat dan semakin maju.

"Sebuah suprise, saya diminta hadir dan mendapat Unja Award 2019. Malam ini harus menjadi inspirasi bagi para mahasiswa dan keluarga besar Unja untuk terus memajukan kampus ini, dan saya yakin terus maju dan lebih baik," kata Sutan Adil Hendra.

Malam penganugrahan Unja Award 2019 ini merupakan malam puncak setelah serangkaian seleksi dan perlombaan yang dilakukan perguruan tinggi negeri tertua di Jambi itu sejak beberapa waktu lalu.



Unja Award 2019 dimeriahkan dengan penampilan tarian Suku Anak Dalam, tarian yang dibawakan mahasiswa asal Papua  diiringi dengan orkestra dari fakultas seni tari dan musik serta penyerahan doorprize.

Pewarta: Erwin Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019