Sejak lima tahun terakhir, penerimaan pajak Kota Jambi mengalami peningkatan cukup signifikan, dari Rp91 miliar di Tahun 2013 meningkat menjadi Rp215 miliar di Tahun 2018.

“Peningkatan penerimaan pajak tersebut kami peroleh dari pengoptimalisasian, salah satunya dengan cara mengimbau, mengawasi dan mengevaluasi wajib pajak maupun pemungut pajak, dan kami tidak menaikkan nilai dan objek pajak,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Selasa.

Peningkatan penerimaan pajak Kota Jambi juga terlihat dalam setiap tahunnya. Pada Tahun 2013 penerimaan pajak Kota Jambi sebesar Rp91 miliar, meningkat di Tahun 2014 menjadi Rp128 miliar. Pada Tahun 2015 kembali meningkat menjadi Rp147 miliar, begitu pula di Tahun 2016, meningkat menjadi Rp158 miliar. Pada Tahun 2017 penerimaan pajak meningkat menjadi Rp201 miliar dan di Tahun 2018 penerimaan pajak Kota Jambi sebesar Rp215 miliar.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi Subhi menjelaskan, selama ini sumber pembiayaan Kota Jambi banyak mengandalkan anggaran dari pemerintah pusat, seperti dana hibah, Dana Alokasi Khusus (DAK) ataupun Dana Alokasi Umum (DAU).

Menindak lanjuti hal itu, Pemerintah Kota Jambi gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang fungsi dan peran pajak untuk pembangunan di Kota Jambi. Sosialisasi tersebut seiring dengan pengelolaan penerimaan pajak dengan baik.

“Tak hanya itu, kita juga terus melakukan terobosan untuk kemudahan pelayanan,” kata Subhi.

BPPRD Kota Jambi turut melakukan perumusan terhadap beberapa konsep tentang insentif pajak. Salah satunya pemberian insentif terhadap purnawirawan, namun bukan berupa pemberian uang melainkan berbentuk pengurangan pajak atau penghapusan pajak.

Sementara itu, pakar ekonomi di Kota Jambi Surya mengatakan, capaian Kota Jambi dalam penerimaan pajak tersebut sangat luar biasa. Karena capaian penerimaan pajak Kota Jambi yang sangat drastis.

“Biasanya ini capaian peningkatan pajak tersebut hanya mencapai 15 persen, namun sejauh ini lebih dari itu, yang tergambar selama ini yaitu kecerdikan dan siasat mencari sumber pajak yang baru,” kata Surya.

Menurut Surya, salah satu aspek yang ikut andil dalam meningkatkan capaian penerimaan pajak di Kota Jambi adalah pemasangan tapping box. Karena tapping box merupakan salah satu sumber penerimaan pajak yang cukup besar.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019