Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Jambi study banding ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi D.I Yogyakarta untuk mendalami sistem perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik karena Yogyakarta telah menerapkan sistem tersebut sejak 2012 lalu.

Pertemuan Banggar DPRD Provinsi Jambi dipimpin Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Burhanuddin Mahir dan didampingi Wakil Ketua Rocky Candra beserta anggota itu digelar di aula kantor Bappeda Provinsi D.I Yogjakarta, Senin (16/12).

Dalam pertemuan itu, rombongan Banggar DPRD Provinsi Jambi diterima Kasubbid Sinkronisasi Perencanaan, Pembangunan Bappeda Provinsi D.I Yogyakarta, Tri Agus Nugroho, Fungsional Perencanaan Imam Karyadi dan dari Badan Keuangan Daerah Provinsi D.I Yogjakarta, Aris Widianto.

Dalam pertemuan itu juga diisi dengan pemaparan bagaimana Provinsi D.I Yogjakarta menerapkan sistem penganggaran berbasis elektronik sejak tahun 2012 lalu.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra usai pertemuan mengatakan, sistem e-budgeting dan e-planning penting untuk memberikan transparansi dalam penganggaran, pekerjaan dan pelaksanaan tugas-tugas dan fungsinya.

"Kami DPRD Provinsi Jambi akan mendorong agar Provinsi Jambi bisa melaksanakan e-budgeting dan e-planning dan dalam prosesnya kita dorong agar dapat menyerap aspirasi masyarakat seluas-luasnya. Kita lihat dari aplikasi milik Jogyakarta ini masyarakat langsung bisa memberikan pengaduan di aplikasi itu. Jadi ini sangat penting dalam rangka transparansi pembangunan dan transparansi anggaran di Pemprov Jambi," kata Rocky.

Sementara itu, Burhanuddin Mahir, juga mengatakan pertemuan Banggar DPRD Provinsi Jambi dengan pemerintah D.I Yogyakarta sangat bermanfaat.

"Pertemuan hari ini luar biasa, untuk menambah pengetahuan bagi DPRD Provinsi Jambi tentang pengintegrasian, perencanaan dan penganggaran melalui e-planning dan e-budgeting. Dan beberapa hal yang kita peroleh dari pertemuan ini akan kita terapkan di Provinsi Jambi," kata Burhanuddin.***


 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019