Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat (Jabar) memproduksi sebuah karya seni berupa web series berjudul "Pemuda Bahagia" untuk merangsang pemuda berkarya menghadapi bonus demografi dan untuk menciptakan karya tersebut KNPI Jabar menggandeng sejumlah konten kreator dan seniman.

"Kita menargetkan, mohon doanya untuk web series ini akan tayang perdana dalam acara KNPI Award 23 Desember mendatang, web series ini akan tayang dengan sejumlah episode dalam satu tahun di chanel youtube Pemuda Bahagia," kata Sutradara Web Series Pemuda Bahagia Erwin Moron dalam jumpa pers KNPI Award di Sekretariat KNPI Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta Jumat.

Erwin mengatakan, web series yang memiliki durasi sekitar 15 menit tersebut menceritakan perjuangan mahasiswa yang diperankan oleh Irawan Careuh, seorang selebgram.

Sosok tersebut diceritakan sebagai pemuda yang gigih berjuang mengorbitkan penyanyi acara pernikahan dan cafe yang diperankan oleh Viozee agar menjadi artis sukes di kancah musik Indonesia.

"Jadi sesuai dengan genrenya, kami beri judul Pemuda Bahagia, di sana nanti akan ada motivasi dan inspirasi yang dibungkus dengan komedi," kata Erwin.

Dia mengatakan ke depan bukan hanya Irawan Careuh dan Viozee yang akan tampil di web series tersebut namun akan ada konten kreator lain atau bahkan pemuda yang sukses dalam bidang usaha, bermain dalam film yang akan berjalan selama satu tahun ini.

"Tujuan kami dalam hal ini adalah memberikan inspirasi kepada pemuda agar bisa memanfaatkan peluang di era digitalisasi," kata Erwin.

Sementara itu Bendahara Umum KNPI Jawa Barat Indra Sudrajat menuturkan Indonesia akan menghadapi bonus demografi pada beberapa tahun mendatang.

Namun indeks kepemudaan yang rendah maka kreativitas sangat dituntut dalam hal ini.

"Adapun tantangan untuk pemuda Jawa Barat saat ini ialah jika tidak bisa memanfaatkan bonus demografi maka malah mendapat bencana demografi dari era 4.0," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, ruang kreativitas yang saat ini dilakukan oleh KNPI Jawa Barat di periode sekarang sangat mementingkan kreatifitas pemuda untuk peningkatan ekonomi.

Kreativitas dan digitalisasi ini merupakan kunci pengembangan di era saat ini.

"Ke depan, kami juga berencana akan membuat Jabar Kreatif Labs, ini adalah ruang bagi siapa pun yang ingin mengembangkan kreativitas," kata Indra.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019