Komisi I DPRD Provinsi Jambi mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi sebagai mitra kerja untuk mengetahui langsung kondisi riil di kantor tersebut, Kamis.

Kunjungan itu dipimpin langsung Ketua Komisi I, Hapis Hasbiallah didampingi Sekretaris Budiyako dan Anggota yakni H M Juber, Hj Yuli Yuliarti, Kemas Al Farabi, Akmaludin, Ibnu Sina dan H Zubir Dahlan.

Usai meninjau ruangan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Ketua Komisi I Hapis Hasbiallah mengatakan kunjungan ini untuk melihat relita di lapangan, sebagai mitra kerja pihaknya mendukung langsung penambahan fasilitas lainnya, seperti respon yang diberikan Perpustakaan Nasional dalam kunjungan Komisi I DPRD beberapa waktu lalu.

"Kunjungan kita untuk memantau bagaimana situasi di perpustakaan ini. Tujuannya untuk mendukung langsung kegiatan-kegiatan perpustakaan dan arsip daerah ke depannya dan kami juga sudah berkunjung ke Perpustakaan Nasional bersama Kepala Dinas dan alhamdulillah respon dari sana juga luar biasa," katanya.

Menurutnya kesempatan dan peluang harus dimanfaatkan secara maksimal, agar ke depannya semua kebutuhan untuk perpustakaan Provinsi Jambi dapat diprioritaskan.

"Ke depan hal-hal yang menjadi kebutuhan dari perpustakaan daerah ini, yakni harus jadi prioritas. Baik untuk Provinsi Jambi secara umum, kita akan dukung penuh," ujarnya.

Setelah melakukan peninjauan, Hapis menyebut ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, diantaranya infrastruktur, fasilitas dan penambahan koleksi buku. "Dibelakang nanti mungkin akan ada penambahan atau perluasan lokasi. Kalau lokasi sekarang memang masih kurang," katanya.

"Untuk anggarannya nanti, Komisi I DPRD Provinsi akan berupaya melobi pemerintah pusat dan semoga juga dapat dari daerah," katanya menambahkan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Syamsurizal mengapresiasi kedatangan Komisi I DPRD Provinsi Jambi. Di kesempatan itu aa menyampaikan berbagai program tentang apa saja minat baca masyarakat untuk datang ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi.

"Mudah-mudahan setelah melihat perpustakaan, Komisi I dapat terus memberikan dukungan penuh untuk kemajuan perpustakaan di Provinsi Jambi," ujarnya.

Selain itu, ia berharap tingkat minat baca masyarakat di Provinsi Jambi yang tadinya 300-400 pengunjung per hari, pada tahun depan dapat meningkat.

"InsyaAllah tahun depan kita dapat bantuan koleksi buku sekitar 5.000 koleksi buku, paling banyak tentang kesehatan. Dan tentu pelayanannya akan kita tingkatkan juga," kata Syamsurizal.(*)
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020