Pemerintah Kota Jambi berkomitmen akan mencapai opini level empat penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jambi.

“Kami sudah mencapai opini level tiga, dan kami harus menjaga komitmen ini, bahwa Pemkot sudah berada di level 3, peningkatan sumber daya manusia di inspektorat harus ditingkatkan,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Rabu.

Komitmen tersebut disampaikan Syarif Fasha saat Pemerintah Kota Jambi menerima penghargaan maturitas SPIP level 3 dari BPKP Provinsi Jambi, di Aula Griya Mayang pada Rabu (22/01).

Dikatakan Fasha, untuk mencapai ke level tersebut butuh tahapan dan penuh komitmen tidak hanya dari para pejabat tetapi juga oleh kepala daerah.

Pemerintah Kota Jambi menerima penghargaan tersebut karena sinergitas dan bimbingan dari BPKP Jambi. Dirinya, mewakili Pemkot Jambi mengucapkan terima kasih kepada perwakilan BPKP Jambi yang telah melakukan bimbingan kepada Pemerintah Kota Jambi.

"Tidak hanya WTP dan maturitas SPIP, tetapi kami akan pertahankan untuk naik ke level berikutnya," kata Syarif Fasha.

Sementara itu, kepala perwakilan BPK-RI Perwakilan Jambi, Rudy Mahani mengatakan, pada kesempatan ini pihaknya memberikan penghargaan atas usaha dari Wali Kota bersama jajaran, karena sudah berhasil mencapai sesuatu yang cukup sulit.

"Terlebih untuk tingkat madya, SPIP pada level 3 ini butuh perjuangan. Secara pengendalian Pemerintah Kota Jambi telah memiliki sistim dokumentasi,” kata Rudy Mahani.

Sementara itu, untuk naik ke level 4, Rudy mengatakan Pemkot Jambi perlu pengendalian ekstra, yang digunakan untuk memastikan tujuan pemda tercapai. Di antaranya perlu ada kontrol yang dibangun. Contohnya dalam pembangunan jalan perlu dilakukan pengendalian yang baik hingga akhir pengerjaan.
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020