Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Rabu, melakukan konsultasi ke Dirjen Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta dalam rangka mendapatkan informasi tentang program vokasi nasional terhadap pendidikan vokasi di Jambi.

Rombongan disambut dan diterima di gedung E Kemendikbud di aula lantai 13 yang diterima Kasubdit Kurikulum Kemendikbud, Widiyanto dan Subdit Program dan Evaluasi, Pipin beserta jajarannya. 

Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, M Khairil. Politisi Gerindra itu menyampaikan apresiasi pada Dirjen Vokasi yang yg bersedia menerima kunjungan rombongan Komisi IV.

"Salah satu informasi penting yang kami dapati adalah bahwa dalam pendirian prodi baru atau prodi yang sudah ada di kejuruan/SMK agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan daerah sendiri. Jadi strategi arah kebijakan pengembangan SMK merupakan kewenangan provinsi," kata Khairil.

Khairil menjelaskan, sebagaimana dipahami bahwa DPRD dengan fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan memiliki peran penting dan strategis dalam proses perencanaan pengawasan pembangunan diantaranya pembangunan bidang pendidikan yang merupakan salah satu tugas Komisi IV.

Ia juga menyampaikan bahwa tahun 2020 ini DAK berfokus pada pengembangan industri kreatif, ketahanan pangan, industri dan parawisatas serta maritim. Oleh karena itu diharapkan SMK di Provinis Jambi dapat berfokus pada hal tersebut.

Dalam kunjungan itu turut hadir Kabid SMK, Kabid SMA dan Kabid GTK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Sementara anggota Komisi IV yang hadir yakni Nurhayati, Ririn Novianty, Abdul Khafied, Hakiman, Maimaznah, Apriodito Umar, Agus Rama, Elpisina, Supriyanto, Kamaludin Haviz, Rahimah dan Tenaga Ahli komisi serta pendamping dari Sekretariat DPRD.***


 

Pewarta: Dodi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020