Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Batanghari, dalam empat tahun terakhir angka kemiskinan di daerah itu dalam setiap tahunnya alami penurunan.

“Dalam empat tahun terakhir persentase jumlah penduduk miskin di Batanghari dalam setiap tahunnya menurun,” kata Kepala Bappeda Batanghari, Mulawarmansyah di Batanghari, Kamis.

Pada tahun 2016, presentasi penduduk miskin di Kabupaten Batanghari berada di angka 10,79 persen. Pada tahun 2017 menurun menjadi 10,33 persen.

Di tahun 2018 angka kemiskinan di Kabupaten Batanghari menurun menjadi 10,23 persen dan di tahun 2019 menurun lagi menjadi 9,75 persen.

Menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Batanghari merupakan bentuk keberhasilan dari program pengentasan kemiskinan yang ada di Kabupaten Batanghari. Dimana program tersebut tertuang dalam visi misi Bupati Batanghari, yakni program Batanghari sejahtera.

Program Batanghari sejahtera tersebut diantaranya meliputi program jaminan kesehatan, penerima bantuan iuran (PBI) APBD kabupaten Batanghari, beasiswa masyarakat miskin, dana damping pasien masyarakat miskin, santunan kematian masyarakat miskin, dan bedah rumah.

"Program tersebut disalurkan melalui Dinas Sosial,” kata Mulawarmanasyah.

Mulawarmansyah berharap agar persentasi penduduk miskin yang ada di kabupaten Batanghari terus menurun dalam setiap tahunnya. Dengan menurunnya angka kemiskinan tersebut merupakan tolak ukur keberhasilan program Batanghari sejahtera.

" Semoga terus menurun, dengan adanya program pemerintah daerah, hal ini dapat menekan angka kemiskinan," kata Mulawarmansyah.

Pewarta: Septa Randika

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020