Pengiriman ikan hias tropis di Jambi alami penurunan hingga 50 persen akibat berkurangnya permintaan.

“Permintaan berkurang, karena sebagian besar ikan hias tropis ini dikirim ke Negara China, sementara beberapa penerbangan ke China saat ini dihentikan sementara,” kata Keni Pengepul Ikan Hias Tropis di Jambi, Senin.

Dijelaskan Keni, dirinya bersama pengepul lainnya mengirim ikan hias ke importir di Jakarta dan pasar terbesar eksportir di Jakarta adalah China. Sementara saat ini penerbangan ke China banyak yang dihentikan akibat dampak dari virus corona. Akibatnya, permintaan ikan hias menurun cukup drastis.

Biasanya setiap hari ikan hias dikirim ke Jakarta. Karena berkurangnya permintaan, saat ini Keni juga membatasi pengiriman ikan hias. Saat ini Keni mengirim ikan hias tiga hari sekali ke importir, itu pun jumlahnya juga berkurang dari biasanya.

“Dampaknya tidak hanya ke kita, namun juga ke nelayan yang mencari ikan hias tropis ini,” kata Keni.

Saat ini, Keni membatasi pembelian ikan hias dari nelayan karena permintaan ikan hias yang berkurang tersebut.

Adapun jenis-jenis ikan hias tropis yang dikirim Keni ke di Jakarta diantaranya ikan seluang, flood, ikan botia yang merupakan salah satu ikan ciri khas Jambi dan beberapa jenis ikan hias lainnya.

“Kalau permintaan ikan hias yang cukup tinggi di Jambi itu ikan botia, karena merupakan ikan ciri khas dari Jambi,” kata Keni.*

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020