Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI mengevaluasi perkembangan Smart City Kota Jambi.

“Tim evaluasi akan melakukan beberapa tahapan evaluasi, salah satunya tim akan melakukan tinjauan ke lapangan,” kata pendamping atau pembimbing Smart City Kota Jambi Heri Sutrisno yang juga Ketua Ikatan Konsultan TI Indonesia (IKTII) di Jambi, Selasa.

Dalam tinjauan ke lapangan, tim akan memilih secara acak organisasi perangkat daerah (OPD) mana yang akan didatangi tim evaluasi. Salah satu kegiatan yang dilakukan tim evaluasi yakni melakukan penilaian terhadap dampak dari program atau kegiatan Smart City serta memberikan rekomendasi perbaikan terhadap pelaksanaan program atau kegiatan tersebut.

“Setiap OPD nantinya juga akan diberikan formulir, dan setiap OPD diminta untuk mengisi seakurat mungkin,” kata Heri Sutrisno.

Selain itu, juga akan dilakukan pembahasan bagaimana cara self-assesment menggunakan formulir evaluasi smart city. Setiap OPD diharapkan dapat melakukan asessment.

Selanjutnya, juga akan dilakukan latihan penyusunan manajemen risiko untuk program quick win smart city. Dan pengisian kuesioner evaluasi dampak pelaksanaan smart city dimana untuk satu program di masing-masing dimensi akan ada lima kuesioner.

Selain turun ke OPD, tim evaluasi jaga akan terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk menanyakan secara langsung kepada masyarakat terkait program pendukung dan penunjang smart city yang tengah dijalankan oleh Pemerintah Kota Jambi.

“Tujuannya untuk memastikan program yang ditulis di master plan itu dilaksanakan atau tidak, bukan hanya ditulis, namun dilaksanakan,” kata Heri Sutrisno.

Dengan dilakukannya evaluasi tersebut, seluruh OPD diharapkan dapat memahami bagaimana tata cara evaluasi smart city. Sehingga setiap OPD akan mampu mengevaluasi program smart city yang tengah dikerjakan.

Kegiatan evaluasi tersebut harus dilakukan secara terintegrasi. Dimana tim pelaksana smart city dan tim dewan smart city dituntut untuk aktif melakukan peninjauan dan mengevaluasi progres smart city yang tengah berjalan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020