PLN UP3 Jambi menargetkan penyaluran aliran listrik  ke 19 desa di Kabupaten Tanjung Jabang Barat, Provinsi Jambi rampung pada Mei 2020.

“Saat ini sedang mobilisasi tiang dari Pelabuhan Samudra Sabak ke lokasi 19 desa, ada via sungai dan ada via darat,” kata Manajer PT. PLN (Persero) UIW UP3 Jambi Hanfi Adrhean Abidin di Jambi, Rabu.

Ke-19 desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang akan dialiri listrik pada tahun 2020 ini tersebar di tiga kecamatan. Empat desa di Kecamatan Senyerang yakni Desa Lumahan, Margo Rukun, Kempas Jaya dan Desa Sungai Kayu Aro.

Kemudian tujuh desa di Kecamatan Pengabuan, yakni desa Melar Jati, Pasar Senin, Sungai Jering, Sungai Pampang, Parit Sidang, Sungai Serindit dan Desa Sungai Raya. Dan selanjutnya delapan desa di Kecamatan Seberang Kota, diantaranya di desa Teluk Pulai Raya, Kuala Kahar, Harapan Jaya, Mekar Alam, Tungkal IV, Kuala Baru, desa Muara Seberang dan Kelurahan Tungkal V.

“Untuk jaringan listrik di Kecamatan Seberang Kota sudah mulai dilakukan pemasangan tiang dan jaringan,” kata Hanfi Adrhean Abidin.

Dalam pembangunan jaringan listrik ke 19 desa tersebut nantinya akan ditransmisikan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 200,90 Kms dan Jaringan Tegangan Rendah 237,80 Kms. Dengan jumlah gardu mencapai 163 unit dengan kapasitas setiap gardu sebesar 8,2 Mva.

“Jika jaringan ini telah rampung, potensi pelanggan di 19 desa tersebut sebanyak 8.326 Kepala Keluarga,” kata Hanfi Adrhean Abidin.

Selain membangun jaringan di 19 desa tersebut, saat ini PLN UP3 Jambi juga sedang melakukan pembangunan jaringan baru dari Purwodadi ke Lumahan. Dan jaringan listrik dari Simpang Teluk Nilau ke Parit Pudin.

Dengan pembangunan jaringan tersebut, di harapkan desa-desa yang selama ini belum tersentuh oleh listrik dapat menikmati listrik. Sesuai dengan moto PLN, ‘2020 100 persen desa berlistrik, 100 persen akses listrik dapat dinikmati masyarakat’.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020