Para calon kepala dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Jambi yang mengikuti lelang jabatan disyaratkan menulis makalah untuk pengukuran kompetensi bidang masing-masing selain rekam jejak karier kepegawaian mereka selama ini.

"Setelah tahap administrasi, tahapan selanjutnya akan dilaksanakan rekam jejak peserta . Selanjutnya yaitu tahapan pengukuran kompetensi bidang, berupa penulisan makalah dan wawancara dari tanggal 26 sampai dengan 28 Maret 2020," kata Kepala BKPSDMD Kota Jambi Liana Andriani  di Jambi, Rabu.

Liana Andriani mengatakan pada bulan Januari pihaknya sudah melakukan proses rekomendasi.

“Januari kemarin sudah melakukan proses rekomendasi, pertama minta izin ke Kemendagri melalui provinsi, selanjutnya sudah mendapatkan jawaban dari dari Kemendagri kita bisa melaksanakan seleksi terbuka, langsung kita teruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama,” katanya.

Saat ini proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkot Jambi tersebut dalam tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas administrasi, serta pemeriksaan kelengkapan administrasi yang dimulai dari tanggal 2 hingga 17 Maret 2020. Dan hasil seleksi administrasi tersebut akan diumumkan pada tanggal 18 Maret 2020.

“Lelang jabatan tersebut diperkirakan akan selesai pada tanggal 7 April 2020, dimana panitia seleksi akan menyerahkan nama-nama yang lolos seleksi ke Wali Kota,” kata Liana Andriani.

Sementara itu Wali Kota Jambi, H Syarif Fasha menyebutkan pihaknya  akan melaksanakan assesmen kompetensi seleksi terbuka empat jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II.

“Empat jabatan pimpinan tinggi pratama tersebut dilelang karena Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menduduki jabatan tersebut sudah memasuki masa pensiun," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Empat jabatan pimpinan tinggi pratama yang akan dilakukan seleksi terbuka tersebut yakni adalah Dinas Sosial, Kasat Satpol PP, Dinas Pendidikan, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Pengumuman seleksi terbuka tersebut dimulai sejak hari Selasa (3/2) kemarin.

Pemerintah Kota Jambi melaksanakan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama tersebut setelah menerima rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020