Bandara Sultan Thaha Jambi menambah fasilitas penyemprotan desinfektan “walk through disinfection” (WTD) bagi penumpang maskapai penerbangan di Jambi.

“PT Angkasa Pura II Cabang Jambi terus berupaya melakukan pencegahan penularan wabah COVID-19 melalui Bandara Sultan Thaha,” kata Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi M Hendra Irawan di Jambi, Kamis.

Penambahan fasilitas penyemprotan desinfektan bagi penumpang maskapai penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi tersebut merupakan kerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 3 Jambi. Dua unit WTD tersebut akan mulai difungsikan pada Kamis (26/3).

Fasilitas penyemprotan desinfektan yang saat ini ada di Bandara Sultan Thaha Jambi akan berfungsi menyemprotkan desinfektan kepada penumpang maskapai penerbangan yang datang ke Jambi dan yang akan berangkat ke daerah tujuan lainnya.

Dijelaskan M Hendra Irawan, kedua fasilitas WTD baru tersebut akan dioperasikan di terminal kedatangan untuk mengurai antrian penumpang datang.

Sedangkan untuk fasilitas WTD yang lama dipindahkan ke terminal keberangkatan sehingga seluruh penumpang baik yang baru datang ataupun akan berangkat melalui Bandara Sultan Thaha Jambi dilakukan sterilisasi terlebih dahulu.

PT Angkasa Pura II bersama KKP terus mengevaluasi kebutuhan fasilitas atau prosedur penanganan pencegahan potensi penularan virus COVID-19 melalui Bandara Sultan Thaha Jambi sebagai pintu masuk penumpang dari berbagai daerah termasuk dari wilayah terpapar.

“Untuk 2 fasilitas WTD baru tersebut, KKP mendukung penuh dalam hal penyediaan alat semprot desinfektan, dan kita menyiapkan fasilitas chambernya,” kata M Hendra Irawan.

Kepala KKP Kelas 3 Jambi Ali Isha Wardhana memberikan apresiasi yang tinggi terhadap langkah-langkah inisiatif yang telah dilakukan Angkasa Pura II dalam penanganan pencegahan COVID-19 di Bandara Sultan Thaha Jambi.

Sebagai tindak lanjut surat Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes RI terkait penetapan status karantina untuk kapal atau pesawat yang berasal dari wilayah terjangkit di Indonesia, KKP kelas 3 Jambi sedang mempersiapkan pemberlakuan prosedur penyerahan health alert card (HAC) di Bandara Sultan Thaha Jambi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020