Pengguna masker oleh warga yang  beraktifitas di luar rumah khususya di jalanan Kota Jambi lebih banyak ketimbang mereka yang "belum disiplin" bermasker.

Kesadaran warga terhadap COVID-19 terus meningkat seiiring gempuran informasi dan imbauan pemerintah untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah.

"Sekarang  ada yang kurang bila tidak bermasker bila ke luar rumah. Masker sudah jadi kebutuhan pada pandemi ini," kata Firman, salah warga yang berbelanja di sebuah minimarket.

Tak hanya oleh warga yang berlalu lalang dengan kendaraan maupun dengan jalan kaki, pengguna masker juga dipakai para pedagang yang berjualan dengan mengatur jarak dan tanpa membawa bangku untuk pembeli.

"Kami menghargai para pembeli yang disiplin pakai masker membeli jualan kita, sehingga kami pakai masker, untuk kesehatan saya juga sih," kata seorang pedagang kaki lima di Taman Lansia Perumnas Kota Baru.

Para pedagang di pasar tradisional berikut pembeli di Kota Jambi juga sudah lebih banyak yang bermasker dibanding yang tak  bermasker.

"Kadang pembeli ndak mau beli bila tak pakai masker," kata seorang pedagang di Pasar Handil Kota Jambi.

Selain itu para pengendara ojek online juga disiplin bermasker. Mereka mengaku terkadang ditegur penumpang bila tanpa masker.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020