Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jambi melakukan rapat bersama instansi terkait untuk merumuskan sistem perawatan bagi pasien COVID-19 di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi.

“Kita melakukan evaluasi terhadap sistem perawatan pasien COVID-19, baik yang terkonfirmasi positif maupun pasien PDP,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Selasa.

Dia menjelaskan sistem perawatan yang dirumuskan, salah satunya terkait dengan pemulangan pasien PDP yang hasil uji swabnya negatif.

Jika dua kali hasil uji swab negatif, katanya, PDP akan cepat dipulangkan dan menjalankan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing, di bawah pengawasan petugas kesehatan terdekat.

Jika tidak cepat dipulangkan, kata dia, PDP yang hasil uji swab-nya negatif tersebut akan rentan terpapar COVID-19.

Terkait dengan sistem perawatan bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19, Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi merumuskan sejumlah tugas pokok dan fungsi perawat dalam melakukan perawatan terhadap pasien terkonfirmasi positif, salah satunya mekanisme pemberian obat bagi pasien terkonfirmasi positif.

Ia menjelaskan perawat cukup memberikan makanan dan obat di meja yang telah di sediakan, dengan obat dan makanan yang sebelumnya telah diberi label dan nama pasien.

Selanjutnya, pasien akan di informasikan untuk mengambil makanan dan obat di meja yang telah disediakan.

Mekanisme tersebut, katanya, agar perawat tidak terlalu intens berhubungan dengan pasien terkonfirmasi positif.

Perawat hanya perlu berhubungan seperlunya dalam melayani pasien terkonfirmasi positif, seperti melakukan tensi dan mengecek infus.

“Mekanisme tersebut diterapkan karena pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Rumah Sakit Abdul Manap dalam kondisi baik, secara klinis kondisi fisiknya dalam keadaan baik,” kata Syarif Fasha.

Saat ini, ada 18 pasien COVID-19 yang di rawat di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi. Dari 18 orang pasien tersebut, 10 orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan delapan orang merupakan PDP yang sedang menunggu hasil uji swab.

Selain itu, saat ini terdapat dua orang perawat di Rumah Sakit Abdul Manap hasil tes cepatnya positif terinfeksi virus. Dua perawat tersebut saat ini telah menjalani perawatan dan menunggu hasil uji swab.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020