Bandara Sultan Thaha Jambi perketat berkas calon penumpang maskapai penerbangan sesuai instruksi dari gugus tugas percepatan penanganan COVID-19.

“Angkasa Pura akan mengakomodir penumpang yang memenuhi kriteria diperbolehkan melakukan perjalanan melalui jalur udara, namun pemeriksaan berkas calon penumpang akan diperketat,” kata Eksekutif Genaral Manager Bandara Sultan Thaha Jambi M Hendra Irawan di Jambi, Jumat.

Sesuai dengan surat edaran dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional, terdapat beberapa kriteria bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan baik melalui jalur darat, laut dan udara.

Diantaranya, perjalanan dinas bagi karyawan yang bekerja di lembaga pemerintah atau swasta. Selanjutnya perjalanan untuk pasien yang membutuhkan pelayanan Kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia. Kemudian perjalanan bagi repatriasi atau pemulangan warga negara asing ataupun sebaliknya.

Dijelaskan M Hendra Irawan, bagi penumpang yang memenuhi kriteria untuk melakukan perjalanan tersebut akan dilakukan pemeriksaan berkas pendukung. Seperti menunjukkan surat perjalanan dinas bagi karyawan lembaga pemerintahan atau swasta. Dan bagi yang anggota keluarganya meninggal atau sakit keras untuk dapat menunjukkan surat keterangan.

“Pemeriksaan berkas ini akan melibatkan berbagai instansi, diantaranya TNI-Polri, Pemerintah Provinsi dan Kota dan KKP, semua instansi ini tergabung dalam posko percepatan penanganan COVID-19 Bandara Sultan Thaha,” kata M Hendra Irawan.

Seluruh maskapai di Bandara Sultan Thaha akan melayani penumpang, namun penumpang yang sesuai dengan kriteria yang tertuang dalam surat edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Pelayanan penerbangan sesuai dengan kriteria tersebut sudah berlaku sejak tanggal 7 Mei 2020, namun hingga saat ini di Bandara Sultan Thaha belum ada penerbangan yang melayani penumpang sesuai dengan kriteria yang diperbolehkan.

“Hari ini seharusnya ada jadwal penerbangan dari Citylink, namun karena tidak ada penumpang sehingga penerbangan di cancel,” kata M Hendra Irawan.

Untuk selanjutnya akan ada penerbangan dari maskapai Lion Air dan Batik Air pada tanggal 10 Mei tujuan Jakarta dan Batam. Pada tanggal 11 Mei akan ada maskapai Garuda tujuan Jakarta. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020