Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi mengatakan dua pasien COVID-19 dinyatakan sembuh setelah uji swab dua kali berturut hasilnya negatif.

"Berdasarkan hasil uji swab yang keluar hari ini, ada dua orang pasien yakni pasien 31 asal Kota Jambi dan pasien 62 asal Kabupaten Muarojambi. Sehingga total pasien sembuh dari COVID-19 di Provinsi Jambi jadi 15 orang," kata Johansyah, Senin.

Johansyah menjelaskan pasien 31 sebelumnya memiliki perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan dan pasien 62 bermula positif saat pemeriksaan setelah keguguran kandungan. Tracking pasien 62 cukup unik  karena tidak ada riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19 atau perjalanan ke daerah rawan.

Dua orang tersebut dibolehkan pulang dan mengisolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

Selain penambahan pasien sembuh, Provinsi Jambi juga ada penambahan dua pasien terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan uji swab. Sehingga total warga Jambi terkonfirmasi positif menjadi 97 orang.

Dua penambahan itu yakni pasien 96 seorang laki-laki usia 39 tahun asal Kota Jambi sebelumnya berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan kini dirawat di Rumah Sakit Umum Abdul Manap Kota Jambi.

Johansyah mengatakan akan segera dilakukan kontak tracking oleh Dinas Kesehatan Kota Jambi terhadap pasien tersebut.

Kemudian pasien 97 seorang laki-laki usia 15 tahun asal Kabupaten Muarojambi. Pasien 97 sebelumnya kontak langsung dengan pasien 39 yang memiliki riwayat perjalanan ke Gowa.

Johansyah terus mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah, jaga kesehatan selalu cuci tangan dan wajib menggunakan masker jika harus ke luar rumah.

Sementara berdasarkan update data Gugus Tugas Provinsi Jambi, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini sebanyak sebanyak 79 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 65 orang dan pasien menunggu uji swab sebanyak 22 orang.***



 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020