Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Adiyanto Agus Handoyo mengatakan seiring dengan kebijakan pemerintah di masa pandemi, pihaknya telah mengeluarkan sejumlah kebijakan terkait pengendalian Covid-19.

“Kami terus mengingatkan seluruh KKKS Migas untuk mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dalam melanjutkan kegiatan produksi dan mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah,” kata  Adiyanto dalam siaran persnya, Minggu.

Hal itu dilakukan untuk menjamin kegiatan operasi yang aman, baik bagi pekerja migas ataupun masyarakat di sekitar wilayah operasi.

Keberlangsungan kegiatan operasi PetroChina Jabung berperan besar dalam menyumbang pendapatan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Provinsi Jambi. Untuk itu, kami memohon dukungan seluruh masyarakat Jambi agar dapat terus mengamankan pasokan energi nasional.

Sesuai arahan Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno, seluruh KKKS wajib melakukan penapisan (screening)serta pemantauan untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayah kerja migas.

Hal ini meliputi pelaporan epidemiologi, karantina mandiri sebelum bekerja dan pemeriksaan rapid test antibody.

Melalui Peraturan Menteri Kesehatan No. 9/2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), subsektor minyak dan gas bumi ditetapkan sebagai sektor strategis dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Oleh karenanya, kata dia badan usaha yang memberikan pelayanan umum terhadap ketersediaan dan distribusi BBM, elpiji, serta untuk kegiatan ekspor impor migas, diizinkan tetap beroperasi dalam kondisi pandemi.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto juga telah mengirimkan surat kepada para kepala daerah untuk memastikan akses bagi kegiatan hulu migas sebagai objek vital nasional dalam situasi pandemi Covid-19.

Membalas surat tersebut, Gubernur Jambi Fachrori Umar mendukung keberlangsungan kegiatan usaha migas selama situasi tanggap darurat Covid-19 dan meminta pihak terkait untuk memberikan dukungan yang sama.

KKKS PetroChina International Jabung Ltd. merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan operator Blok Jabung di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dalam mengelola Blok Jabung, PetroChina bermitra dengan Pertamina dan Petronas Carigali.

Selain menjadi operator Blok Jabung, PetroChina juga sebagai operator Blok Bangko di Jambi.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020