Universitas Jambi (Unja) melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi untuk membangun pusat unggulan sebagai implementasi dari Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

“Strategi Unja untuk mengimplementasikan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan membangun kolaborasi dengan pemerintah daerah di Provinsi Jambi,” kata Rektor Unja Prof Sutrisno di Jambi, Rabu.

Pada hari ini, Rabu (12/8) Unja melakukan penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Tebo. Melalui kerjasama tersebut, Unja akan membangun laboratorium di Kabupaten Tebo.

Di mana laboratorium tersebut nantinya dapat di manfaatkan oleh dosen dan mahasiswa Unja. Baik itu untuk melakukan penelitian oleh dosen dan penyelesaian tugas akhir oleh mahasiswa.

“Unja telah membentuk 12 pusat unggulan untuk mengimplementasikan kampus merdeka dan merdeka belajar, kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tebo ini merupakan salah satu pusat unggulan di Unja,” kata Prof Sutrisno.

Menurut Prof Sutrisno ada dua poin yang di tekankan dalam kerjasama antara Unja dan Pemerintah Kabupaten Tebo, yakni implementasi kampus merdeka dan merdeka belajar dan kolaborasi dengan pemerintah daerah yang berbasis pada pusat unggulan yang di kembangkan oleh Unja.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Tebo Sukandar berharap melalui kerjasama tersebut akan memberikan dampak positif terhadap Kabupaten Tebo. Baik itu terhadap kinerja Pemerintah Daerah, tatanan kehidupan masyarakat dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Tebo.

“Besar harapan kami melalui MoU ini akan ada peningkatan terhadap pembangunan di Tebo, baik itu SDA maupun SDM nya,” kata Bupati Tebo Sukandar.

Dijelaskan Sukandar capaian ukuran keberhasilan kepala daerah tidak hanya fokus kepada infrastruktur, namun juga pada kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Melalui MoU tersebut Kabupaten Tebo berharap akan ada inovasi baru untuk memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi COVID-19.

Mengingat 72 persen penghasilan masyarakat Kabupaten Tebo yang bergerak di sektor perkebunan, yakni perkebunan karet dan kelapa sawit.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020