Seumlah penerima program kartu prakerja di Jambi memanfaatkan bantuan dari pemerintah itu untuk berwirausaha.

"Alhamdulillah sangat membantu, uang bantuan dari prakerja kita manfaatkan untuk berwirausaha, sehingga manfaatnya lebih terasa," kata penerima prakerja di Jambi Suryansyah, Rabu. 

Wirausaha yang geluti oleh Suryansyah yakni menjual pulsa, token listrik dan layanan jasa prabayar lainnya. Menurut Suryan, usaha tersebut lebih cocok dilakukan karena modal yang di butuhkan tidak terlalu besar dan putaran uang dari usaha tersebut lebih cepat. 

Selain Suryan, penerima manfaat prakerja lainnya Abdullah mengatakan hal yang sama. Ia memanfaatkan uang bantuan dari pra kerja tersebut untuk membuka usaha kecil kecil seperti menjual kuota internet. Menurutnya usaha tersebut dilakukan sembari mendapatkan pekerjaan dari program prakerja tersebut. 

"Dengan usaha kecil kecilan bantuan uang yang diberikan nilainya bisa bertambah, dan jika dan jika mendapat pekerjaan usaha ini masih bisa digeluti," kata Abdullah. 

Dijelaskan Suryansyah bantuan dari pra kerja tersebut sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, seperti uang makan. 

Ia berharap bantuan dari program prakerja tersebut tidak hanya diberikan untuk empat bulan, namun dapat diperpanjang mengingat saat ini pandemi COVID-19 masih terjadi. Selain itu, Suryan berharap uang untuk pengambilan sertifikat elektronik dari program pra kerja tersebut nominal-nya bisa di tambah agar sertifikat yang diambil lebih banyak. 

"Selain itu, kita berharap ada program lain yang dapat mendukung program prakerja ini, seperti penerima pra kerja lebih di prioritaskan dalam penerimaan karyawan, sehingga sertifikat pra kerja ini benar benar bermanfaat untuk mendapatkan pekerjaan." kata Suryan, panggilan pendek Suryansyah. 

Tidak hanya Suryan dan Abdullah yang memanfaatkan bantuan prakerja untuk berwirausaha, Tuti warga Jambi penerima prakerja lainnya juga memanfaatkan bantuan  untuk berwirausaha. Usaha yang di geluti Tuti tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan oleh Suryan dan Abdullah. 

Tuti menggunakan bantuan dari prakerja untuk berjualan daring, menurut Tuti dengan nominal bantuan dari prakerja tersebut wirausaha jualan online lebih cocok dilakukan karena tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

"Untuk jualan online, macam macam yang dipasarkan, mulai dari kosmetik, jilbab dan yang lainnya," kata Tuti.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020