Alfa, gajah jantan di Taman Rimba Kota Jambi dipastikan kesepian setelah pasangannya Yanti mati karena sakit.
 
"Gajah betina bernama Yanti  mati Kamis (8/10) sore kemarin, namun sejak  hari Rabu sudah menunjukkan gejala sakit dan sudah diberikan perawatan," kata Petugas Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Kamarul Jaman di Jambi, Jum'at. 

Sebelum mati, gajah tersebut sempat mendapatkan perawatan dari tim dokter hewan kebun binatang itu. Namun pada Kamis sore gajah tersebut mati saat berada di kandangnya. 

Dijelaskan Kamarul Jaman tim dokter sudah melakukan otopsi terhadap bangkai gajah itu. Pada Kamis malam sampel tersebut sudah di kirim ke Sumatera Barat untuk mengetahui secara pasti apa penyebab kematian Yanti, gajah yang merupakan salah satu ikon di di taman rimba tersebut. 

"Gajah sudah di kubur di dekat kandangnya, karena di khawatirkan gajah tersebut membusuk," kata Kamarul Jaman. 

Kematian Yanti jelas menjadi kehilangan besar bagi pasangannya Alfa yang selama beberapa tahun terkakhir ini selalu hidup berdampingan sebagai dua sejoli binatang jumbo itu.

Tim dokter dari BKSDA dan pihak taman Rimba Jambi akan menyampaikan penyebab kematian gajah tersebut pada Jum'at (9/10) sore, menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020