Kebun Binatang Taman Rimba Jambi mendapatkan tambahan keluarga baru, yakni seekor tapir (tapirus indicus) jantan yang di lahirkan dari indukan Kasih dan Atra pada 1 September 2020 lalu pukul 06.00 WIB. 

"Iya, kita mendapatkan tambahan satu hewan koleksi di Taman Rimba Jambi, yakni seekor tapir jantan yang dilahirkan oleh tapir betina yang bernama Kasih," kata Kepala Seksi Tata Usaha UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Kamarul Jaman di Jambi, Rabu. 

Dengan lahirnya seekor tapir Jantan tersebut, kini koleksi hewan Tapir di Taman Rimba Jambi menjadi enam ekor. Dimana sebelumnya sudah terdapat dua ekor Tapir jantan dewasa dan tiga ekor tapir betina dewasa. 

Kelahiran anak Tapir tersebut merupakan suatu kebahagiaan bagi pengelola Taman Rimba Jambi, sebab dalam beberapa tahun terakhir anak tapir yang dilahirkan selalu mati. Belum sempat menginjak usia tujuh hari, anak tapir yang dilahirkan di Taman Rimba tersebut mati. 

Kali ini, sejak dilahirkan anak tapir tersebut sudah berusia satu bulan 12 hari. Dan anak tapir tersebut sudah melewati masa masa rawan kematian. 

"Di Jambi cukup sulit untuk membiakkan tapir, beruntung berkat penjaga hewan yang ulet kali ini tapir yang di lahirkan dapat selamat," kata Kamarul Jaman.

Anak tapir Jantan tersebut di beri nama Arca. Nama tersebut di berikan langsung oleh penjaga hewan atau animal keeper tapir di Taman Rimba Jambi Hermawan. 

Dijelaskan Hermawan, tidak ada trik khusus dalam melakukan perawatan Tapir di Taman Rimba Jambi. Hanya saja ada perhatian yang lebih di berikan terhadap Tapir. Begitu pula dengan pola makan yang di berikan. Dimana Tapir diberi makan rumput segar dan buah buahan.

Perawatan terhadap anak tapir juga tidak di lakukan secara khusus, penjaga hewan hanya mengawasi pergerakan anak dan indukan tapir. Sejak lahir anak tapir tidak di pisahkan dari indukannya. Tujuannya agar anak tapir mendapatkan susu ekslusif dari induknya. 

"Anak tapir akan dipisah dari induknya jika sudah tidak menyusui," kata Hermawan. 

Selain Kasih, Tapir betina yang baru saja melahirkan, peby indukan Tapir lainnya di Taman Rimba Jambi saat ini juga tengah mengandung. Saat ini usia kandunganya sudah 10 bulan. Peby di perkirakan akan melahirkan anaknya pada Desember mendatang. 

"Harapanya Peby, indukan Tapir yang saat ini sedang mengandung juga dapat melahirkan anaknya dengan selamat," kata Hermawan.
Hermawan penjaga hewan atau animal keeper Tapir di Taman Rimba Jambi berfoto bersama Peby, indukan Tapir yang tengah mengandung. (Antara/HO/Taman Rimba Jambi)

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020