Wakil Wali Kota Jambi Maulana menghimbau warganya untuk waspada terhadap penularan virus jenis baru norovirus.

"Beredar kabar adanya norovirus. Prinsip dasarnya ini sama sama virus, sehingga warga diimbau untuk waspada," kata Wakil Wali Kota Jambi Maulana di Jambi, Rabu.

Menurut Maulana, proses penularan virus sama yakni melalui kontak erat dan terjadi dalam jangka waktu yang lama, dan apapun jenis virus yang ada tetap harus diwaspadai dengan memutus mata rantai penularan virus tersebut.

Diakui belum ada laporan secara resmi terkait ada atau tidaknya warga yang terinfeksi virus tersebut di Kota Jambi. Untuk mendeteksi ada tidaknya warga yang terinfeksi harus melalui pengujian di laboratorium, dan lebih teknis dalam memberikan laporan.

"Apa yang sudah kita lakukan untuk memutus mata rantai penularan harus di tingkatkan," ucapnya.

Virus itu selalu alami mutasi, jangan heran nanti jika ada virus baru. Mutasi tersebut ada yang menguntungkan dan ada yang tidak, menguntungkan jika mutasi virus tersebut melemah dan akan berbahaya jika mutasi virus tersebut virulen atau lebih ganas.

Namun yang terpenting menurut Maulana, masyarakat harus disiplin menjalankan protokol kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat dan bersih. Serta mengkonsumsi makan yang sehat agar kondisi tubuh tetap prima.

Sementara itu, Norvirus tersebut saat ini sedang hangat menjadi perbincangan masyarakat baik secara langsung maupun di media media sosial. Menurut informasi yang berkembang, Norovirus tersebut dapat menularkan melalui makanan.

"Kuncinya disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan menjalani pola hidup bersih dan sehat," kata Maulana.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020