Pemerintah Kota Jambi membangkitkan ketahanan ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19 melalui optimalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  

“Program ini untuk mendukung UMKM agar terus eksis di tengah pandemi COVID-19,” kata Juru Bicara Pemerintah Kota Jambi, Abu Bakar di Jambi, Jumat.

Melalui akun resmi Instagram Pemerintah Kota Jambi, Pemkot Jambi melakukan promosi kepada masyarakat terhadap UMKM yang ada di daerah itu. Setiap akhir pekan, Pemerintah Kota Jambi mempromosikan UMKM yang ada di daerah itu melalui program “Weekend Promosi UMKM”.

Program tersebut membantu pelaku UMKM mempromosikan produk yang diproduksi oleh UMKM yang ada di daerah itu kepada masyarakat. Baik itu, produk olahan makanan, kerajinan dan produk produk UMKM lainnya.

Pelaku UMKM di daerah itu dapat mengirimkan desain atau selebaran kepada Pemerintah Kota Jambi, selanjutnya Pemerintah Kota Jambi melalui akun resmi media sosialnya akan mempromosikan UMKM tersebut.

Bagi pelaku UMKM yang ingin usahanya disikan oleh Pemkot Jambi dapat mengirimkan desain promosinya dengan menampilkan nama usaha, produk, harga, nomor kontak, lokasi dan layanan yang diberikan kepada pembeli.

Desain promosi dalam bentuk JPEG, ukuran instagram 1:1. Dan desain dikirimkan ke nomor Whatsapp 08117432302.

“Promosi ini bagi pelaku UMKM masyarakat Kota Jambi, baik perorangan maupun kolektif,” kata Abu Bakar.

Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 sangat berdampak terhadap kegiatan perekonomian masyarakat. Salah satunya bagi pelaku UMKM di Kota Jambi.

Tidak sedikit pelaku UMKM di Kota Jambi yang harus beralih sementara ke usaha lain untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Dengan program tersebut diharapkan dapat membangkitkan ketahanan ekonomi masyarakat melalui geliat UMKM. Dengan cara berbelanja di warung, toko dan UMKM yang ada di sekitar masyarakat.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020