Perawatan wajah menjadi salah satu kegiatan penting, khususnya bagi kaum hawa. Banyak cara dilakukan mulai dari mendatangi klinik kecantikan, salon dan fasilitas lainya.

Ternyata ada beberapa bahan yang bisa dipakai untuk perawatan wajah ini dengan kandungan yang aman dan bikin wajab bisa kinclong.  

Sayangnya belum semua tahu atau tidak memanfaatkannya. Namun dengan sedikit upaya dan tentunya dana yang hemat, semuanya bisa membantu mengatasi kulit wajah.


Quaker Oats

Bahan makanan yang dikenal sehat ini adalah salah satu bahan makanan yang banyak di pakai untuk orang-orang diet lemak jenuh, juga menyehatkan jantung.

Bahan makanan ini ini termasuk bahan yang bisa di buat menjadi bahan pembuatan masker karena memiliki kandungan antioksidan.

Antioksidan ini sangat bermanfaat untuk kulit khususnya kulit wajah yang keseringan terpapar langsung oleh sinar matahari, dan membantu meningkatkan perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari selain itu juga dapat mencerahkan kulit.

Pembuatan masker quaker oat sangat sederhana, hanya butuh 5-10 gram quacker oat  bisa langsung seduh memakai air mendidih dan didinginkan.

Saat hangat-hangat oleskan memakai kuas masker ke wajah tunggu 15 menit lalu bilas dengan air hangat, bisa juga di haluskan dengan cara ditumbuk dan diblender untuk mendapatkan tekstur yang halus.

Efektifnya pemakaian masker ini 3 kali seminggu dan umur simpannya hanya kuat 5-7 hari jika dalam keadaan kering.


Susu murni

Semua orang tidak asing lagi dengan susu ini, bisa dengan mudah susu murni ini didapat di toko atau swalayan.  susu ini sering di sebut juga susu yang di minum pada saat masa pemulihan dari  sakit.  

Tidak disangka ternyata  susu murni ini bisa di gunakan untuk masker karena mengandung vitamin A, C dan E sehingga membantu regenerasi kulit, selain itu juga dapat mencegah  kerusakan sel lebih dini, mencerahkan wajah serta menghaluskan dan mengencangkan kulit.

Cara pemakaiannya mudah sekali , hanya perlu tuangkan susu steril ini ke dalam wadah kecil lalu langsung kalian oleskan menggunakan kuas masker, bisa juga menjadi alat campuran untuk  masker oat atau masker organik lainnya.

Putih Telur

Sering dijumpai dimana-mana,  bahkan di rumah sendiripun punya stock bahan makanan satu ini.

Selain dimasak dan dimakan putih telur juga bisa digunakan untuk pembuatan maske. Putih telur mengandung zat astringent dan zat ini yang membantu mengecilkan pori-pori, mencegah penuaan dini, mengangkat komedo dan mencegah munculnya jerawat. Penggunaan masker ini bisa dua kali dalam seminggu.

Cara membuatnya sangat mudah, hanya memisahkan putih terlur dan kuning telur, langsung oleskan putih telur menggunakan kuas masker, bisa juga di tambahkan sedikit madu atau lemon.

Madu

Madu sudah tidak asing lagi karena banyak juga bahan skin care atau apapun itu untuk perawatan kulit yang kita banyak jumpai mengandung madu.

Namun kebanyakan orang jarang tau membuat  masker madu dengan cara ini. Pasti dianatarannya ketika kalian yang ingin membuat masker sendiri berbahan madu dan beli yang sudah ada di supermarket, tapi alangkah bagusnya  beli madu asli  yang belum ada campurannya.

Manfaat madu ini banyak sekali untuk kulit wajah, diantaranya mengencangkan kulit mengangkat kulit mati, menghaluskan, mencerahkan dan membuat muka kalian menjadi glowing.

Cara membuatnya sangatlah sederhana hanya beberapa tetes madu ke sendok dan panaskan menggunakan api sedang, ketika sudah mendidih tiriskan dan gunakan masker madu saat hangat-hangat.

Lemon

Jelas tak asing lagi dengan jeruk lemon ini juga salah satu bahan yang sering di campurkan di berbagai minuman makanan hingga skincare dan juga masker.

Secara kandungan jeruk lemon ini memeiliki kandungan Vitamin C, asam sitrat, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, postassium dan kaliaum, selain manfaatnya dalam kesehatan tubuh jeruk lemon juga bermanfaat untuk kulit wajah.

Bahkan air lemon dapat mencerahkan kulit wajah mengeluarkan kotoran mencegah jerawat dan membersikhakn bekas jerawat, mengencangkan kulit, mengeluarkan racun dari kulit,menghilangkan komedo dan menyamarkan flek hitam dan tentunya mencegah penuaan dini.

Air lemon saja cukup untuk dijadikan masker tunggu 5 -10 menit setelah di oleskan ke wajah, dan jangan aneh bila mana sedikit gatal karna itu proses mengeluarkan racun yang ada di pori pori kulit wajah. Penggunaaanya bisa 3-4 kali seminggu.



 

Pewarta: Hanifa Eka

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020