Para mahasiswa harus memaksimalkan upaya mengejar peluang belajar di luar negeri dan harus mampu mengatasi keterbatasan bahasa asing yang kerap menjadi kendala selama ini.

Hal itu diungkapkan oleh itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi, Dr Ir Teja Kaswari M.Sc  pada workshop Peluang Pengembangan Karir di Luar Negeri yang digelar UPT pengembangan Kemahasiswaan Universitas Jambi bagi Mahasiswa dan Alumni Universitas Jambi, dikutip dari laman Unja.

Wakil rektor pada kesempata itu  mengajak peserta seminar untuk bisa melihat peluang yang ada.

“Pengalaman-pengalaman dari narasumber  mungkin sangat dibutuhkan  untuk melihat peluang peluang yang mungkin ada dari di luar negeri sana," katanya.

Teja Kaswari menyampaikan pengalaman saat dirinya menimba ilmu di Denmark dan Jerman, banyak rekannya  dari Indonesia yang karirnya cukup bagus berada di sana.

"Karena peluangnya itu memang ada kalau keterbatasan bahasa sudah bisa diatasi," kata Teja.

Ia mengatakan selama ini keterbatasan bahasa haruslah bisa diatasi karena ketika bahasa bisa diatasi maka semua akan mudah.

“ Itu justru yang tidak ada halangan lagi untuk berkarir di luar negeri kalau kerbatasan bahasa sudah bisa diatasi, saya punya banyak teman yang bekerja di Boeing itu biasanya dari alumni-alumni ITB yang dari program Pak Habibie, ada juga yang berkerja di Eropa,” katanya.

Workshop itu diharapkan  bisa membuka pikiran bahwa dunia bisa terjangkau dengan dengan kemampuan bila benar-benar menginginkannya karena itu tidak ada yang tidak mungkin di dunia sekarang ini.

“Saat ini tidak ada yang tidak mungkin, ini hanya pandemi saja yang membuat kita agak lambat bergerak, ya harus bergerak kalau kita ingin mengembangan karir di luar sana,” katanya.

Workshop itu  menghadirkan narasumber Dr eng Bambang Setia Budi  yang merupakan President of Indonesia Career Center Network (ICCN) 2016-2020.

Sementara itu Ketua UPT Pengembangan Kemahasiswaan Kemahasiswaan, Dr Ir Suryono, MSi mengatakan workshop yang mungkin sangat menarik karena dibawakan oleh pakar-pakar yang sudah kompeten.

"Dengan topik peluang karir mengembangkan karir di luar negeri sangat membantu dan membua cakrawala, karena narasumber sudah berkecimpung sudah lama di luar negeri,” ujar Dr Suryono.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020