Meminum air kelapa selama ini sebagian besar untuk menghilangkan dahaga, atau mendapatkan sensasi selain meminum air putih.


Terlepas dari itu, air kelapa muda memiliki kandungan manfaat yang banyak, maka dari itu air kelapa muda banyak di jadikan salah satu minuman kesehatan.

Nutrisi yang ada di dalam air kelapa sangat banyak dan  termasuk minuman isotonik (elektrolit) dimana dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Termasuk pada masa pandemi COVID-19 ini, air  bisa menjaga kekebalan tubuh menjadi stabil.


Berikut manfaat air kelapa muda yang perlu diketahui :

Mengandung Cairan Elektrolit

Elektrolit adalah cairan yang mengandung listrik di dalam tubuh manusia. Cairan ini juga sering di sebut pengganti cairan tubuh misalkan saat  berolahraga banyak cairan tubuh atau keringat yang keluar. Hal itu meyebabkan dehidrasi dan menggantinya dengan meminum cairan elektroli.

Mencegah Dehidrasi

Di dalam air kelapa terdapat zat potasiom sehingga mampu manjaga tekanan dalam sel darah. Biasanya jika seseorang terserang penyakit diare, air kelapa muda adalah salah satu solusinya karena dapat mencegah terjadinya dehidrasi dalam tubuh.


Membantu Proses Detok dalam Tubuh

Perlu diketahui bahwa air kelapa mengandung tanin dan antidotum yaitu anti racun. Memang  bahwa tubuh manusia juga dapat menetralisir racun yang masuk akan tetapi jika nutrisi dalam tubuh kurang maka fungsi organ ginjal dan hati, dan air kelapa salah satunya untuk membantu cara kerja organ tersebut.

Menguatkan sistem imun dalam tubuh

Di tengah tengah pandemi ini salah satu yang dibutuhkan adalah makanan dan minuman yang memiliki nutrisi untuk membuat imun baik, air kelapa juga memiliki berbagai macam kandungan Vitamin, seperti vitamin A, B6, C dan K.

Maka dari itu air kelapa mampu membasmi bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dapat tidak terpapar virus covid19.

Membantu menurunkan berat badan

Kadar kolesterol pada air kelapa sangat rendah selain itu air kelapa memiliki kadar gula yang rendah dan alami sehingga aman untuk yang sedang menjalankan program diet, selain itu menggunakan air kelapa muda juga tidak menimbulkan efek samping.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Selain menjaga kesehatan tubuh air kelapa muda juga dapat membantu merawat kulit, satu gelas air kelapa sudah mampu memenuhi 40 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C.
Selain itu dalam air kepala muda
menghasilkan kolagen dan antioksidan yang membantu menagkal radikal bebas dan menyeimbangkan Ph di dalam tubuh sehingga kulit akan menjadi lembab dan elastis.

Pewarta: Hanifa Eka

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020