Hujan deras di wilayah Magetan sejak Minggu (13/12) sore hingga malam mengakibatkan tanah longsor di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur hingga menyebabkan sebuah rumah warga rusak.

Kepala Desa Genilangit Pardi, Senin mengatakan tebing setinggi lebih dari 4 meter longsor pada Senin dini hari setelah hujan deras terjadi dalam waktu cukup lama di wilayah Magetan. Tebing longsor tersebut merusak rumah Sumiati (70) warga desa setempat.

"Selain merusak rumah warga, longsoran material tebing talut sepanjang 25 meter tersebut juga menutup sebagian jalan desa," ujar Pardi di Magetan kepada wartawan.

Akibat tertimpa longsoran material tebing, tembok rumah Sumiati bagian samping jebol. Beruntung saat kejadian pemilik rumah sedang berada di kamar belakang, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Warga bersama petugas dari BPBD Magetan, dibantu dengan anggota koramil dan polsek setempat hingga Senin siang bergotong royong membersihkan material tanah longsor. Baik longsoran tebing yang mengenai bangunan rumah maupun yang menutupi jalan desa.

Pardi menambahkan, curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir ditambah dengan kondisi tebing talut yang sudah tua, membuat tebing tersebut longsor karena tidak kuat menahan banyaknya debit air hujan yang masuk ke dalam tanah.

Pihaknya juga meminta warga sekitar untuk waspada, karena longsor susulan mengancam bangunan rumah lainnya di kawasan setempat. Hal itu karena diprediksi curah hujan masih tinggi hingga beberapa hari ke depan.

Sesuai pemetaan BPBD Magetan, Kecamatan Poncol merupakan satu dari sejumlah wilayah kecamatan di Magetan yang rawan bencana tanah longsor saat musim hujan berlangsung.

Selain Poncol, kecamatan di Magetan yang rawan terjadi bencana tanah longsor di antaranya adalah Kecamatan Plaosan, Parang, Panekan, dan Sidorejo. Warga di wilayah tersebut diminta waspada jika curah hujan tinggi terjadi.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020