Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJAMSOSTEK) Jambi menggelar diskusi bersama mitra tentang layanan BPJAMSOSTEK di tahun 2020 di Hotel BW Luxury Kota Jambi, Selasa.

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jambi, Supriyatno mengatakan kegiatan yang dikemas dalam Bincang Asik Bersama BPJAMSOSTEK Kantor Wilayah Sumbagsel itu bertema "Tema Kupas Tuntas Layanan BPJAMSOSTEK Tahun 2020".

Kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Wali Kota Jambi, dr Maulana dan dihadiri Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Sumbagsel Arief Budiarto, Kepala Bidang Pengawasan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jambi, Perwakilan Asosiasi Pekerja dan Serikat Buruh serta perwakilan perusahaan peserta BPJAMSOSTEK.

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Sumbagsel, Arief Budiarto di kesempatan itu mengatakan kegiatan yang digelar salah satunya untuk mengetahui sejauh mana layanan yang diberikan kantor BPJAMSOSTEK Jambi dan kedepan berusaha untuk meningkatkan layanan tersebut.

Arief di kesempatan itu berterima kasih kepada Wakil Wali Kota Jambi yang atas dukungan Pemerintah Kota Jambi, sehingga layanan di kantor cabang BPJAMSOSTEK Jambi ada peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Kita berharap di tahun 2021 Kota Jambi dan Provinsi Jambi ada perwakilan jadi pemenang Paritrana Awards yang digelar untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan perusahaan yang sepanjang tahun 2020 mendukung penuh implementasi dan tertib administrasi jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah masing-masing," kata Arief.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi, dr Maulana mengatakan bahwa dirinya ingin Pemkot Jambi selalu menjadi contoh kepada masyarakat dan pemberi kerja salah satunya dengan memberikan jaminan sosial terhadap tenaga kerja.

Ia menyebut ada sekitar 6.000-an tenaga kerja kontrak dan honorer di Pemkot Jambi, dan semuanya tercover dalam layanan jaminan sosial BPJAMSOSTEK.

"Kita ada tenaga kerja kontrak seperti di Satpol-PP yang memiliki risiko kerja, ada juru parkir di Dinas Perhubungan, ada petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup dan tenaga kesehatan yang masih kontrak dan honorer. Jadi saya ingin menjaminkan semua tenang dalam bekerja salah satunya memberikan jaminan sosial kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua," kata dr Maulana.

Selain itu, ke depan katanya, juga ada rencana pemberian jaminan kepada dai, imam dan penjaga masjid. "Sebab saya sangat merasakan sekali manfaat jaminan sosial BPJAMSOSTEK ini. Manfaatnya luar biasa," ujarnya.

Sebab itu, ia berharap Pemkot Jambi menjadi contoh kepada perusahaan-perusahaan dan pemberi kerja untuk menjaminkan tenaga kerja dalam jaminan sosial BPJAMSOSTEK.

"Ini penting sekali karena musibah itu tidak bisa kita prediksi kapan datang. Jadi kita harus sudah siap. Saya pun merasa nyaman dan tenang jika semua masyarakat Kota Jambi terlindung jaminan sosial," katanya lagi.

Ia juga berharap BPJAMSOSTEK Jambi ke depan terus maju dan berkembang dalam hal pemberian layanan jaminan sosial kepada masyarakat.

Dalam kegiatan itu, pemateri memaparkan layanan dan program BPJAMSOSTEK serta dibuka ruang diskusi dan tanya jawab dari peserta***

 

Pewarta: Dodi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020