Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi pada 2020 lalu menambah tiga armada baru untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Tiga unit armada pemadam kebakaran yang baru tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi dengan total anggaran sebanyak Rp4,5 miliar," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi, Feriadi di Jambi, Selasa.

Satu unit armada pemadam kebakaran tersebut memiliki kapasitas empat ribu liter air. Dimana satu unit armada tersebut bernilai Rp1,5 miliar.

Armada pemadam kebakaran tersebut rencananya satu unit akan di tempatkan di pos pemadam kebakaran kecamatan dalam wilayah Kota Jambi. Dan dua unit lainnya akan di tempatkan di Mako Damkar. Dengan ditempatkannya armada pemadam kebakaran di pos pemadam kecamatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan respon dan kecepatan penyelamatan jika terjadi kebakaran.

Dijelaskan Feriadi, saat ini terdapat empat pos damkar kecamatan di Kota Jambi yang tersebar di Kecamatan Jambi Timur, Pal Merah, Kota Baru dan Kecamatan Alam Barajo.

"Memang belum semua kecamatan di Kota Jambi memiliki pos pemadam, namun kita tetap berupaya dengan semaksimal mungkin, tahun depan alan dibuka pos baru untuk Kecamatan Alam Barajo, serta usulan prioritas untuk Kecamatan Pelayangan," kata Feriadi.

Meski mendapatkan bantuan armada pemadam Kebakaran, Feriadi menghimbau masyarakat untuk selalu berhati hati terutama terhadap peralatan yang dapat menyebabkan kebakaran.

"Masyarakat harus tetap berhati hati agar tidak terjadi kebakaran," kata Feriadi.
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021