Bupati Muarojambi Hj Masnah Busyro melakukan silaturahim dengan keluarga Pahlawan Nasional asal Jambi Raden Mattaher di Rumah Dinas Bupati Muarojambi di Sengeti.

Dalam pertemuan itu, Bupati menerima rombongan keluarga tokoh perjuangan Jambi itu yakni cucu Raden Mattaher Hj Ratumas Siti Aminah dan keluarga besarnya.

Hadir pula DPRD Kabupaten Muaro Jambi Ahmad Haikal, Forkopimda Kabupaten Muaro Jambi, Kalpores beserta anggota, Pengadilan Negeri, Kejari, Lembaga Adat Kabupaten Muaro Jambi, dan para OPD dilingkup Kabupaten Muaro Jambi

Bupati Masnah Busyro mengungkapkan kebanggaannya yang luar biasa, terhadap tokoh Jambi Raden Mattaher diberikan gelar pahlawan Nasional dari Provinsi Jambi oleh Presiden RI Joko Widodo bertepatan pada Hari Pahlawan 10 November 2020.

"Pada November 2020, datuk kita Raden Mattaher mendapat gelar Pahlawan Nasional yang disampaikan oleh Presiden RI. Jasa beliau luar biasa untuk Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi dan alhamdulillah, hari ini keluarga beliau, Raden Mattaher berkenan berkunjung di negeri Sailun Salimbai ini," kata Hj Masnah

Bupati menambahkan dengan ditetapkannya Raden Mattaher sebagai Pahlawan Nasional dapat menjadi contoh suri tauladan untuk generasi muda dan anak cucu dalam sikap tegar serta kegigihannya memperjuangkan bangsa dan negara.

"Ditetapkannya Raden Mattaher menjadi Pahlawan Nasional menjadi sebuah kebanggaan kita bersama dan semoga menjadi contoh untuk kita semua, suri tauladan anak cucu kita, bagaimana ketegaran beliau, kegigihan beliau untuk mempertahankan Indonesia dan Provinsi Jambi," kata bupati.

Sementara itu perwakilan keluarga Raden Mattaher, Ratumas Siti Aminah mengapresiasi atas undangan yang diberikan Bupati Muaro Jambi, yang merupakan bentuk penghormatan kepada tokoh Jambi dengan basis perjuangan di wilayah Kabupaten Muarojambi.

Petilasan Raden Mattaher saat ini bisa dilihat berupa rumah panggung mendiang pejuangan yang dikenal dengan julukan "Singo Kumpeh" itu di daerah Kemingking Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muarojambi.

Di bagian pintu rumah yang terbuat dari kayu tersebut masih ditemukan lubang bekas tembakan senjata pasukan Belanda saat mengepung Raden Mattaher yang gugur dalam peristiwa penyerbuan tersebut,

"Saya sungguh luar biasa senang dan terharu. Saya berterima kasih" kata Ratumas Siti Aminah

Ratumas Siti Aminah juga mengajak agar dapat mendukung penjuangan Bupati Muaro Jambi dalam menuntaskan programnya membangun negeri Sailun Salimbai Muaro Jambi.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021