Universitas Jambi (Unja) mendorong akademisi, peneliti dan mahasiswa perguruan tinggi itu untuk berperan dan melakukan pendampingan bagi masyarakat, termasuk dalam penerapan tekonologi tepat guna yang bisa membantu masyarakat.

Dalam merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer. nat. Rayandra Asyhar, M.Si mengunjungi Desa Binaan Universitas Jambi di Desa Emas Kajanglako, Kasang Pudak Kabupaten Muaro Jambi.

"Ini merupakan kegiatan silaturahmi dengan desa binaan Unja yang sangat indah ini, pertemuan ini cerita awalnya dari cerita-cerita ringan dengan ibu Sri bahwa ada desa yang luar biasa dalam artian perkembangannya yang cepat, luar biasa suburnya, luar biasa motivasi dan semangat warganya,”  kata Prof Rayandra.

Sejalan dengan program yang ada di Universitas Jambi sekarang ini terutama  untuk memberikan manfaat bagi masyarakat desa dengan melalui berbagai fasilitas dan teknologi yang dimiliki.

“ Saat ini Unja sudah menjalin kerjasama bukan hanya didalam negeri tapi juga di luar negeri, sehingga banyak program Unja yang bisa kita padukan dengan kondisi yang ada di desa ini," katanya.

Pada pertemuan yang berlangsung pertengahan Januari 2021 itu, Unja  mengajak serta ahli-ahli dari Unja.

"Kita bawa para ahli di bidangnya,  seperti Pak Ardi Nopra yang ahli dibidang Bumdes, kemudian Doktor Nofran yang ahli di bidang UMKM dan masih banyak lagi,” jelas Prof Rayandra.

Sementara itu Dr K Sri Tunita Abu Tani MS, berharap Unja memberikan solusi bagi permasalahan yang timbul dari desa tersebut.

“Saya berharap ini bisa menjadi suatu percontohan bagi kita untuk menerapkan teknologi-teknologi kita (Unja-red)," katanya.

Ia memaparkan perjuangan memfasilitasi pendampingan di desa binaan itu yang  sangat luar biasa.  Kondisi wal dengan kondisi tanah yang ada di desa hingga bisa seperti sekarang ini, menurutnya butuh perjuangan dan upaya. Salah satu permasalahannya  banjir.

"Ke depan berharap  dapat mencarikan solusi bagi petani yang ada di sini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan mereka,” kata Dr Sri Tunita.

Kegiatan yang dihadiri Camat, Kades, perwakilan DPRD Kabupaten Muaro Jambi ,tokoh masyarakat, dosen dan mahasiswa Universitas Jambi.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021