Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat dua kabupaten dan kota di Provinsi Jambi mengalami inflasi pada Januari 2021, yakni Kota Jambi mengalami inflasi 0,68 persen dan Kabupaten Muara Bungo mengalami inflasi sebesar 0,50 persen, Senin.

Kepala BPS Provinsi Jambi Wahyudin melalui keterangan tertulis di Jambi, Senin  mengatakan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 106,5 dan IHK Kabupaten Muara Bungo tercatat sebesar 106,47.

Sedangkan inflasi 'year on year' Kota Jambi sebesar 2,95 persen dan Kabupaten Muara Bungo sebesar 2,08 persen.

Inflasi di Kota Jambi terjadi karena kenaikan indeks harga pada enam kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 2,29 persen. Selanjutnya kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,28 persen.

Kemudian kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,06 persen. Pada kelompok kesehatan, sebesar 0,80 persen kelompok penyedia makanan dan minuman atau restoran sebesar 0,06 persen dan pada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,25 persen.

Sementara itu, inflasi di Kabupaten Muara Bungo terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada delapan kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,08 persen.

Selanjutnya kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,27 persen, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,11 persen. Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,34 persen.

Kemudian kelompok kesehatan sebesar 0,18 persen, kelompok transportasi sebesar 0,35 persen, kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,29 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,54 persen.

Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi di Kota Jambi pada Januari 2021 antara lain, cabai rawit, bayam, kangkung, daging, dagang ayam ras, tahu mentah, ikan dencis, ikan tongkol, tukang bukan mandor dan kacang panjang.

Sementara itu, komoditas utama yang memberikan andil terhadap inflasi di Kabupaten Muara Bungo yakni cabai rawit, daging ayam ras, ikan nila, rokok kretek, ikan serai, kentang, rokok kretek filter, daung singkong, sepeda motor dan bayam.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021