Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Merangin Provinsi Jambii mulai melakukan penyuntikan vaksin COVID-19 kepada tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan setelah mendapat distribusi vaksin COVID-19 dari pemerintah Provinsi Jambi. 

"Vaksin COVID-19 untuk Kabupaten Merangin, Kerinci, Sarolangun dan Kota Sungai penuh sudah didistribusikan pada 30 Januari 2020," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi Johansyah di Jambi, Rabu.

Penyuntikan vaksin di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Merangin tersebut merupakan penyuntikan dosis pertama vaksin COVID-19. Dimana terdapat tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tenaga kesehatan di daerah tersebut yang di suntik vaksin COVID-19. 

Hingga saat ini sudah terdapat enam kabupaten dan kota yang melakukan penyuntikan dosis pertama vaksin COVID-19 di daerah itu. Diantaranya Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari, Tanjab Timur, Merangin dan Kota Sungai Penuh. Sementara untuk untuk lima kabupaten lainnya akan menyusul melakukan penyuntikan dosis pertama vaksin COVID-19. 

Dan dari enam kabupaten dan kota yang sudah melakukan penyuntikan vaksin COVID-19, Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi sudah melakukan penyuntikan dosis ke dua vaksin COVID-19 terhadap tenaga kesehatan, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang melakukan pencanangan penyuntikan vaksin COVID-19 di daerah itu. 

Dan pada hari ini, Rabu (3/2) vaksin COVID-19 untuk Kabupaten Bungo dan Tebo baru didistribusikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Dengan demikian seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi sudah mendapatkan distribusi vaksin COVID-19.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman mengatakan tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang dialaminya setelah disuntik vaksin COVID-19. Ia menghimbau masyarakat untuk mau di suntik vaksin COVID-19 agar penularan COVID-19 dapat dihentikan. 

"Tidak ada KIPI, sehat sehat saja, hanya terasa ngantuk selama tiga hari dan nafsu makan bertambah," kata Sudirman. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021